10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya

Thursday, April 28th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Kecalakaan di jalan raya yang paling besar terjadi karena kelalaian pengendara. Kelalaian pengendara bisa jadi karena kurangnya pengetahuan tentang caranya tertib berlalu lintas.

Untuk itu kami akan menghadirkan 10 tips supaya aman berkendara di jalan raya dalam bentuk gambar seperti dikutip dari Seventynine Safety Riding berikut ini.

1. Sesuaikan kecepatan laju kendaraan

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 1

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 1

Jika kita melihat padatnya sepeda motor di jalan raya itu mengingatkan kita pada sekumpulan ikan di laut. Dimana harus ada ritme dan juga pola pergerakan yang sinkron. Pengendara yang sudah berpengalaman akan sangat mudah masuk pada pola tersebut, namun sebaliknya, pengendara yang baru saja masuk akan kesulitan mengikuti pola pergerakan sehingga akan mengganggu pengendara di sekelilingnya.

Seperti yang nampak pada gambar, kita harus bisa menyesuaikan kecepatan. Jangan sampai kecepatan kita melebihi pengendara yang di depan jika tidak memungkinkan untuk menyalip. Begitupun apabila kita di depan jangan sampai mengganggu pengendara yang di belakang karena terlalu lambat. Kita harus cerdas dalam memperkirakan kecepatan jika berada dalam satu kerumunan pengendara.

2. Cara belok di area blind corner

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 2

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 2

Kita sering menemukan pengendara yang tidak tahu cara berbelok di area blind corner, mereka berbelok dengan cara memotong jalur atau berada di jalur pengendara lain. Seperti pada gambar di atas, cara belok yang benar ditunjukkan oleh panah berwarna putih.

3. Berhenti di belakang marka

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 3

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 3

Gambar di atas menunjukkan kesalahan para pengendara saat berada di persimpangan jalan lampu lalu lintas. Tidak jarang kita menemukan pengendara yang berhenti tidak lagi di belakang marka bahkan lebih parah ada yang sampai melampaui marka, sehingga mengganggu pengendara dan pejalan kaki lainnya.

4. Belok dengan memberikan sinyal lampu sen yang benar

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 4

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 4

Gambar di atas adalah kesalahan besar pengendara ketika berbelok malah memberikan sinyal lampu sen berlawanan. Pada gambar terlihat memberikan sinyal lampu sen ke kiri padahal dia bermaksud untuk belok ke kanan. Tentu saja ini sangat membahayakan pengendara itu sendiri dan pengendara lainnya, bisa terjadi kecelakaan fatal.

5. Jangan belok dari sisi yang berlawanan

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 5

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 5

Kita akan sering menemukan pengendara yang kurang faham tentang tata cara berbelok. Cara berbelok yang salah ditunjukkan oleh gambar di atas. Bila kita bermaksud untuk belok ke kanan, maka beberapa meter sebelum belok kita harus mengambil jalur kanan sehingga tidak ada lagi kendaraan yang berada di sebelah kanan kita.

6. Perhatikan kendaraan di belakang saat menyalip

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 6

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 6

Jangan hanya fokus pada kendaraan yang berada di depan saat akan menyalip, kita juga harus melihat kondisi di belakang.

7. Jangan Ragu-Ragu

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 7

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 7

Sering kita melihat kejadian pengendara yang terlihat seperti mau belok padahal ternyata dia lurus saja. Kejadian ini tentu akan sangat mengganggu dan membayakan kita dan pengendara lainnya.

8. Jangan Overtake di area blind corner

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 8

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 8

Seperti yang diperlihatkan pada gambar, akan sangat membahayakan jika kita memaksakan untuk mengovertake di area blind corner, kita tidak tahu ada apa di depan, jadi hindari aksi overtake di blind corner.

9. Tetap berada dalam jalur

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 9

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 9

Kemacetan sering terjadi karena adanya pengendara yang menyerobot masuk padahal di depan sudah tidak ada ruang lagi untuk masuk. Sehingga yang terjadi malah menghadang kendaran lain yang berbeda arah. Alhasil timbulan kemacetan yang sulit untuk diurai karena ulah kita sendiri.

10. Tetap pada jalur saat berada di palang pintu kereta

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya - Tips 10

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya – Tips 10

Kebanyakan ketidakteraturan terjadi karena pengendara tidak sabaran. Hal itu bisa kita lihat saat berada di persimpangan jalan kereta api. Masih banyak pengendara yang tidak sabaran dan terus menyerobot ke depan walaupun kondisi jalan dua arah. Alhasil kejadinnya akan seperti pada gambar di atas. Bila kereta api sudah lewat, maka yang terjadi adalah kemacetan tepat di jalan kereta api.

Ini dari semua gambar di atas adalah bagaimana kita untuk terus memperhatikan keselamatan dengan cara sadar diri, cerdas dalam berkendara dan sabar. Setelah semua itu dilakukan, kita akan bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

10 Tips Supaya Aman Berkendara di Jalan Raya | admin | 4.5