5 Faktor Yang Mempengaruhi Suhu Busi

Thursday, February 4th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Busi adalah komponen dalam mesin bermotor yang mempunyai bentuk mungil namun memiliki peran yang sangat penting. Tanpa adanya busi apakah mesin bisa dihidupkan? Jawabannya, tidak. Seperti yang sudah sobat ketahui fungsi dalam busi adalah menyalakan campuran bahan bakar dengan udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran, kemudian menghantarkan panas ke luar ruangan pembakaran dan menutup lobang di bagian kepala silinder supaya gas pembakaran tidak mengalami kebocoran.

Selain fungsi di atas, busi juga berfungsi sebagai jendela dan bisa memberitahukan bagaimana kondisi mesin saat itu. Jadi intinya sobat, si teknisi bisa mengecek kondisi mesin hanya melalui busi, seperti halnya sang dokter yang menggunakan thermometer.

Kira-kira berapa sih usia busi? Gak tau ya? Nih dikasih tau, usia busi untuk kendaraan roda dua itu umumnya ketika si kendaraan sudah diajak jalan-jalan sejauh 5.000 km, sedangkan untuk roda empat sejauh 10.000 sampai 15.000 km. Jadi kalau kendaraan sobat untuk mencapai jarak tersebut kemudian terjadi kendala pada mesin, jangan salahkan lagi busi ya, sudah waktunya busi dipensiunkan dan ganti dengan yang lebih muda.

5 Faktor Yang Mempengaruhi Suhu Busi

5 Faktor Yang Mempengaruhi Suhu Busi

5 Faktor Yang Mempengaruhi Suhu Busi

Sesuai dengan tema yang ingin admin bahas yaitu mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi suhu busi, berikut ini ulasannya.

Perbandingan Kompresi

Apabila sobat menaikan perbandingan kompresi maka akan beresiko pada kenaikan suhu dan juga tekanan gas pembakaran. Akibatnya adalah suhu pada pucuk pengapian akan mengalami kenaikan juga.

Perbandingan Udara:Bensin

Perbandingan udara dan bensi mempengaruhi pada suhu busi, didapat perbandingan yang ideal antara udara dan bensi adalah 14.7:1. Selain dapat menjaga suhu busi juga dengan begitu bisa memaksimalkan tenaga mesin.

Setelan Waktu Pengapian

Suhu pucuk pengapian juga dipengaruhi jika sobat memajukan waktu pengapian, hal itu terjadi karena waktu kompres gas pembakaran diperpanjang. Sedangkan toleransi suhu pengapian dini naik dengan perlahan sebab tekanan dan suhu bahan bakar menjadi lebih rendah sebelum pembakaran.

Kecepatan dan Beban

Suhu pada pucuk pengapian akan menikat dengan teratur berbarengan dengan peningkatan kecepatan dan penambahan beban mesin.

Pemasangan Busi

Apabila pemasangan busi kurang kencang atau gasket yang tidak terpasang saat pemasangan busi, akan berakibat pada peningkatan suhu busi yang terlalu cepat. Hal itu terjadi karena panyaluran panas tidak baik.

Itulah sobat informasi mengenai Faktor yang mempengaruhi kenaikan suhu busi. Semoga setelah ini sobat menjadi lebih tahu apa yang harus dilakukan supaya motor sobat tetap bandel mesinnya dan enak diajak jalan-jalan.

5 Faktor Yang Mempengaruhi Suhu Busi | admin | 4.5