Alternatif Cairan Pengganti Coolant

Thursday, June 22nd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Alternatif Cairan Pengganti Coolant – Salah Satu komponen penting dan vital yang ada pada radiator kendaraan bermotor adalah cairan coolant. Tanpa cairan tersebut, radiator pun tidak akan bisa berfungsi dengan maksimal dan baik.

Alternatif Cairan Pengganti Coolant

Alternatif Cairan Pengganti Coolant (Sumber Gambar : wikipedia)

Bukan cairan yang sembarangan, yang paling direkomendasikan dan tentunya sangat baik untuk digunakan pada radiator adalah coolant. Dibandingkan air biasa, coolant mempunyai beberapa kelebihan. Yang mana diantaranya adalah mempunyai sifat anti karat, sangat baik saat menghantarkan panas, serta lebih awet dikarenakan titik didih dari coolant lebih dari air biasa, yakni di atas seratus derajat celsius.

Akan tetapi, dalam kondisi yang mendesak, semisal di tengah perjalanan saat mudik, coolant tetaplah dapat diganti dengan komponen lain. Mulai dari air bekas AC, ataupun air aki yang berwarna biru.

Tetapi setelah mudik atau di kampung halaman dikuraslah kembali dan isi dengan coolant asli. Dua komponen tersebut, meskipun kualitasnya berada di bawah cairan coolant, bisa juga diandalkan pada saat mendinginkan mesin.

Lain masalahnya dengan air keran. Cairan tersebut akan lebih baik lagi jika dihindari sama sekali. Alasannya, air jenis ini bisa menyebabkan logam berkarat. Tentunya ini dapat menyebabkan kerusakan dan merembet pada komponen lain. Walaupun di satu sisi lain penggunaan air keran bisa menjadikan pengeluaran lebih hemat, akan tetapi demi kesehatan kendaraan, ini tidak boleh dilakukan.

Apabila memang benar-benar kepepet tidak ada air bekas AC atau Air Aki berwarna biru, sebaiknya menggunakan air mineral kemasan yang pasti sudah bersih dan steril. Namun sama halnya dengan air bekas AC rumah dan air aki berwarna biru, segeralah kuras dan ganti dengan coolant bila Anda sudah sampai tujuan.

Alternatif Cairan Pengganti Coolant | Rudiyanto | 4.5