Analisa Kerusakan Mobil Dari Asap Knalpot

Thursday, July 6th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Analisa Kerusakan Mobil Dari Asap Knalpot – Mobil-mobil keluaran terbaru memang telah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang sangat canggih. Akan tetapi, bukan berarti mobil-mobil sekarang ini bebas dari beragam risiko kerusakan, karena yang mempunyai tanggung jawab menjaga mobil saat keadaan prima adalah pemiliknya.

Analisa Kerusakan Mobil Dari Asap Knalpot

Analisa Kerusakan Mobil Dari Asap Knalpot (Sumber Gambar : flickr)

Anda juga bisa mendeteksi beragam kerusakan mesin sendiri. Anda dapat mendeteksi permasalahan di ruang mesin dari sejumlah warna asap yang tampak dan dihasilkan oleh knalpot.

Apabila knalpot mengeluarkan asap warna putih pada mesin berbahan bakar bensin, ini menandakan ada sedimen air yang mengalir pada komponen knalpot. Ini berarti masalah pada paking kepala silinder. Di mesin diesel, bisa saja ada permasalahan di timing pompa bahan bakar.

Asap knalpot dengan warna kebiruan pertanda tercampurnya oli di ruang bakar. Apabila asap tampak saat berakselerasi, ataupun mesin dinyalakan, ini pertanda ring piston harus segera diganti.

Asap warna hitam menandakan tidak sempurnanya pembakaran pada mesin bensin dan umumnya disebabkan oleh campuran bahan bakar yang terlampau banyak, sehingga ada komponen mesin yang perlu disetel ulang. Sedangkan untuk mesin diesel lama, asap dengan warna hitam dapat diakibatkan pembakaran. Cuma, mesin diesel di jaman modern ini haruslah diperiksa bila mengeluarkan asap dengan warna hitam pekat.

Sedangkan keluarnya asap berwarna abu-abu menandakan sejumlah gejala, semisal kerusakan katup PCV atau Positive Crankcase Ventilation sampai kerusakan kepala silinder. Warna abu-abu bisa diakibatkan tercampurnya oli serta radiator coolant pada ruang pembakaran. Anda dapat memastikan dengan memeriksa air radiator, check apakah ada oli ataukah tidak. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan di saat mesindalam kondisi yang dingin.

Analisa Kerusakan Mobil Dari Asap Knalpot | Rudiyanto | 4.5