Apa Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless?

Thursday, January 28th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Sahabat ketokoku.net, ngomong-ngomong soal ban apakah kamu tahu apa itu ban tubeless? Sudah tahu ya..? Kok kenapa aku belum 🙁

Oke deh sambil mencari tahu apa itu ban tubeless, admin mau sambil menulisnya di dalam artikel ini. Siapa tahu ada sahabat ketokoku.net yang juga masih belum tahu apa itu ban tubeless.

Setelah admin ngubek-ngubek informasi, ternyata katanya ban tubeless itu adalah jenis ban yang dirancang tanpa menggunakan karet dalam atau ban dalam. Biasanya kan ban itu memiliki 2 bagian, yang pertama ban luar dan yang kedua itu ban dalam, nah itu tidak berlaku untuk ban tubeless.

Perlu sahabat ketahui, inovasi rancangan ban tubeless ini diciptakan oleh Mavic, Michelin dan Hutchinson yang secara resmi digunakan pertama kali pada ban sepeda gunung pada tahun 1999.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless?

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless

Horee, akhirnya aku sudah tahu sekarang apa itu ban tubeless. Lalu kenapa ya dibikin inovasi ban tanpa adanya ban dalam ini? Admin yakin pasti ada kelebihan dari ban tubeless ini dibandingkan dengan ban biasa. Apa saja kelebihannya? Akan admin jelaskan lagi supaya kamu yang belum tahu menjadi tahu, dan untuk kamu yang sudah tahu… semoga jadi gak lupa 😀

Kelebihan Ban Tubeless

Terdapat beberapa kelebihan ban tubeless yang menjadikannya layak untuk kamu gunakan pada sepeda motor kesayangan. Apa saja kelebihan ban tubeless itu?

Yang pertama adalah ban tubeless jauh lebih kuat ketika menginjak paku ataupun benda tajam lainnya, karena ban tubeless dirancang dengan lapisan yang lebih tebal dibanding ban biasa. Oleh karena itu ban tubeless tidak akan mudah kempis atau bocor bila menginjak benda-benda tajam.

Kelebihan ban tubeless yang kedua adalah lebih stabil dan menggigit. Lho kok menggigit? Maksudnya lebih kuat menempel di jalannya sob, jadi lebih enak saat mengendarai motor dengan ban jenis tubeless. Motor juga jadi lebih stabil saat gas ditancap sekencang-kencangnya loh..

Kelebihan di atas inilah yang menyebabkan kini pabrikan motor ada yang menggunakan ban tubeless pada produk yang mereka jualnya.

Kekurangan Ban Tubeless

Ada kelebihan tentu ada juga kelemahannya. Jadi jangan dulu berasumsi bahwa ban tubeless pasti lebih baik dibanding ban biasa, faktanya ban tubeless juga masih punya kekurangan kan :p

Kekurangan ban tubeless yang pertama menurut WeloveHonda, katanya ban tubeless usianya lebih pendek bila dibandingkan dengan jenis tubetype atau ban biasa. Kenapa bisa begitu ya? WeloveHonda ngasih tahu ke admin, katanya compound yang digunakan pada ban tubeless lebih lunak. Oh gitu ternyata, ya sudah, makasih om WeloveHonda informasinya 🙂

Cuma itu kekurangan ban tubeless? Enggak juga, tenang masih ada lagi. Kekurangan ban tubeless yang kedua adalah ban tubeless lebih keras ketimbang ban biasa. Keras karena struktur karet yang digunakan pada ban tubeless lebih tebal dan padat sob. Jadi sangat perlu kamu hindari tuh jalan-jalan rusak, berlubang saat menggunakan sepeda motor ber-ban tubeless. Karena keseringan melewati jalan rusak saat memakai ban tubeless akan merusak pada pelek karena tekanan dari ban yang lebih keras itu, juga umur ban pun akan semakin pendek.

Kekurangan ban tubeless yang ketiga adalah…. hah masih ada lagi? iya bos masih ada, makanya jangan buru-buru :D. Nih yang ketiga kekurangannya, ban tubeless hanya cocok dipasangkan pada jenis pelek racing. Ada sobat yang teriak gak percaya.. “Masa sih? Aku kemarin lihat kok ban tubeless dipasang dengan pelek jari-jari..” Iya sob, memang katanya ada teknologi baru sehingga ban tubeless bisa dipasangkan dengan pelek jari-jari, tapi itu bukan berarti pelek tersebut cocok loh.. itu hanya cocok-cocokan saja, cenderung terlalu memaksakan.

Yah, itulah yang bisa admin sampaikan untuk informasi kelebihan dan kekurangan ban tubeless. Semoga bermanfaat ya untuk sahabat ketokoku.net semua. Nantikan informasi lainnya yang tidak akan kalah bermanfaatnya.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless? | admin | 4.5