Apakah Fungsi Lubang pada Rem Cakram

Friday, May 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Kita sudah pada tahu, ada dua jenis rem yang digunakan pada sepeda motor. Yaitu rem cakram, dan rem trombol. Kini, banyak produsen sepeda motor yang telah mengadopsi penggunaan rem cakram, minimal di bagian roda depan. Penggunaan rem cakram dinilai lebih maksimal dalam melakukan pengereman.

Kita dapat dengan mudah mengidentifikasi jenis rem cakram, yaitu dengan hanya melihat piringan atau disc yang biasanya mempunyai bentuk lingkaran. Pada lingkaran cakram tersebut bila kita perhatikan secara seksama, terlihat banyak lubang-lubang yang membentuknya. Sebagian pengguna motor memanfaatkan lubang tersebut untuk memasang gembok, sebagai alternatif kunci ganda. Namun apakah fungsi sebenarnya dari lubang pada rem cakram tersebut? Apakah benar didesain untuk mencantelkan kunci gembok?

Apakah Fungsi Lubang pada Rem Cakram

Apakah Fungsi Lubang pada Rem Cakram

Apakah Fungsi Lubang pada Rem Cakram

Mengutip dari kompas dot com, dikatakan oleh M Abidin selaku GM Aftersales Service and Motorsport PT YIMM mengungkapkan fungsi sebenarnya dari lobang pada disc cakram.

Abidin mengatakan “Lubang pada cakram mempunyai dua fungsi, yang pertama berfungsi untuk mempermudah pelepasan panas setelah sistem pengereman bekerja. Pelepasan panas yang dimaksud adalah setelah terjadinya gesekan pada saat pengereman, yaitu gesekan antara disc dan kanvas rem”.

“Yang kedua ini biasanya disesuaikan dengan besarnya power motor yang dipakai, sehingga pengendalian total sepeda motor akan lebih seimbang, yaitu antara power mesin dan power daripada pengeremannya”, lanjut Abidin.

Jadi jelas, tidak ada tujuan khusus lubang pada piringan cakram didesain untuk mengaitkan kunci gembok. Namun, selama kunci gembok tidak merusak piringan cakram, hal itu sah-sah saja untuk dilakukan. Inilah salah satu bukti kreativitas biker Indonesia yang memanfaatkan celah demi keselamatan kendarannya.

Apakah Fungsi Lubang pada Rem Cakram | admin | 4.5