Apakah Oli Matik Bisa Dipakai di Motor Bebek?

Friday, February 5th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Sebelumnya ada yang bertanya kepada admin, min apakah benar oli matik itu tidak boleh dipakai pada motor bebek? Pas ditanya begitu, admin jawab asal kena aja. Boleh lah, yang penting kan pelumas juga sama, kalau minyak goreng.. baru itu gak boleh.

Apakah Oli Matik Bisa Dipakai di Motor Bebek?

Apakah Oli Matik Bisa Dipakai di Motor Bebek?

Apakah Oli Matik Bisa Dipakai di Motor Bebek?

Habis itu admin kepikiran juga pada pertanyaan tadi, lalu mencari informasi dan akhirnya dapat. Ini jawaban gak asal-asalan seperti yang admin lontarkan tadi. Ini jawaban diberikan oleh Zaki, seorang ahli di bidang perpelumasan, dia bekerja di Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia. Jadi jawaban yang beliau berikan pastinya akan lebih terpercaya.

Kata bang Zaki, sebenarnya oli matik dipakai untuk motor bebek itu bisa saja, tetapi ada efek sampingnya lo sobat. Masih kata bang Zaki, motor bebek yang menggunakan oli matik akan terasa sedikit lebih berat hal itu karena didesain supaya ada gesekan pada kopling.

Oli matik itu dibuat dengan tekstur yang cukup kental, itu dilakukan karena biasanya mesin matik itu cenderung lebih panas daripada mesin motor bebek. Makanya kalau tidak dibantu dengan pelumas (yang lebih kental) untuk gesekan yang lebih rendah, akan menambah panas pada mesin.

Jadi dapat disimpulkan meskipun oli matik bisa digunakan untuk motor bebek alangkah baiknya untuk tidak dilakukan oleh sobat. Karena selain dapat membuat motor bebek sobat terasa sedikit agak berat, produsen oli motor juga kan sudah penuh perhitungan sehingga diciptakan oli khusus untuk motor-motor tertentu. Jangan ngeyel 😛 kecuali kepepet 😀

Apakah Oli Matik Bisa Dipakai di Motor Bebek? | admin | 4.5