Bagian Ban Yang Haram Ditambal

Tuesday, August 1st, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Bagian Ban Yang Haram Ditambal – Ban mobil ataupun ban sepeda motor sering mengalami kebocoran. Salah satu dari penyebabnya adalah tertusuk benda tajam atau paku.

Bagian Ban Yang Haram Ditambal

Bagian Ban Yang Haram Ditambal (Sumber Gambar : pixabay)

Akan tetapi perlu dicatat, meskipun ban bocor dapat di-repair dengan langkah ditambal, akan tetapi hal seperti ini tidak semua dapat dilakukan khususnya bila masalahnya terjadi pada bagian samping.

Apabila ban bocor pada bagian samping cara yang terbaik atau yang paling tepat adalah dengan menggantinya.

Ban bocor perlu diganti dikarenakan bagian tersebut sangat berhubungan secara langsung dengan konstruksi ban, yang mana sisi ban dengan teknologi radial, bila dibongkar dengan keseluruhan terdiri dari lapisan benang, sedangkan pada bagian telapak ban akan lebih kuat dikarenakan memiliki besi.

Di bagian ban samping, kontruksi bannya akan lebih sering naik turun, lebih banyak seperti halnya suspensi. Apabila benang sudah putus, kemudian ditambal, dia akan terganggu dan akan naik-turun secara terus menerus.

Sebalikya, apabila ban bocor pada bagian telapaknya, hal tersebut masih diperbolehkan untuk dilakukan penambalan. Hanya saja, saat melakukan tambal haruslah diperhatikan berapa jarak diantara lubang baru dengan lubang lainnya yang merupakan lubang lama.

Oleh sebab itu, disarankan rentan jarak maksimal pada penambalan ban yang bocor cuma berjarak 6 milimeter. Apabila lebih dari itu, tidak disarankan, karena bisa merusak struktur atau kosntruksi ban.

Bagian Ban Yang Haram Ditambal | Rudiyanto | 4.5