Bahaya Angin Palsu Pada Rem Cakram

Friday, October 28th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Bahaya Angin Palsu Pada Rem Cakram – Rem cakram yang ada pada sepeda motor bekerja dengan sistem hidrolik dengan mengandalkan dorongan dari brake fluid atau minyak rem. Anda harus waspada jika rem tidak berfungsi meskipun tuas atau handle rem sudah ditekan dengan cukup dalam.┬áKondisi ini bisa terjadi dikarenakan adanya angin palsu. Minyak pada selang rem terselip udara dan akhirnya tidak dapat mendorong piston rem. Padahal, tuas ataupun pedal rem tidak mengalami gejala kerusakan atau macet.

Penyebab Dan Bahaya Angin Palsu Pada Rem Cakram

Bahaya Angin Palsu Pada Rem Cakram

Bahaya Angin Palsu Pada Rem Cakram (Sumber Gambar : bbburma)

Biasanya kejadian tersebut dikarenakan suhu panas, minyak rem pada selang ataupun kaliper mendidih dan mengeluarkan buih. Dan, udara yang terkandung dalam buih tersebut yang membuat angin palsu.

Kasus angin palsu umumnya terjadi pada saat kualitas minyak rem sudah tidak baik. Titik didih dibawah standar dapat membuat cairan sangat mudah berbuih dan menimbulkan gas.

Supaya tidak terkena angin palsu, pakailah minyak rem dengan kualitas bagus dan jangan memakai minyak rem abal-abal atau minyak rem curah. Pada tutup reservoir biasanya tertera standar minyak rem, isi minyak rem dengan memakai standar paling tinggi.

Tindakan Darurat Saat Rem Terkena Angin Palsu

Jika Anda secara mendapati kondisi angin palsu secara mendadak pada saat melakukan pengereman, dapat diatasi dengan membuang angin. Caranya, yakni membuang sebagian dari minyak rem serta gas melalui katup yang ada pada kaliper.

Bukalah katup pada kaliper memakai kunci 8 lalu tekan handle rem sampai mentok, apabila terdapat lelehan minyak rem, tandanya ada udara di dalamnya. Tutup dengan menahan handle atau tuas rem pada posisi mentok sambil mengencangkan mur pengikat katupnya. Sesudah itu, rem dicoba sampai pada posisi normalnya atau sesuai kekencangan pengereman yang Anda inginkan.

Bahaya Angin Palsu Pada Rem Cakram | Rudiyanto | 4.5