Bahaya Ban Tanpa Tutup Pentil

Wednesday, April 12th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Bahaya Ban Tanpa Tutup Pentil – Tidak sedikit pengendara kendaraan roda dua atau sepeda motor maupun pengemudi mobil yang menyepelekan peran dari tutup pentil. Padahal tutup pentil sangat banyak manfaatnya untuk kendaraan.

Bahaya Ban Tanpa Tutup Pentil

Bahaya Ban Tanpa Tutup Pentil (Sumber Gambar : panenmaya)

Fungsi atau kegunaan utama tutup pentil adalah menjaga ban supaya tidak mudah kempes. Artinya bila tidak dipasang tutup pentil, ban kendaraan akan lebih mudah kehilangan angin. Guna menjaga supaya tekanan ban tetap stabil dan kendaraanpun bisa seimbang.

Selain dari itu, tutup pentil pun berfungsi sebagai pencegah kotoran masuk ke bagian dalam pentil sehingga pentil tidak mudah korosi alias kerusakan ataupun degradasi logam bagian dalam dari pentilnya. Sementara itu, di bagian dalam pentil ada komponen kecil berupa seal berbahan karet, katup, dan juga per. Komponen-komponen tersebutlah yang sejatinya wajib untuk dilindungi oleh tutup pentil.

Seperti telah diketahui, cara masuk dan keluarnya angin adalah melalui katup pentil yang ditekan. Akan tetapi jika peranan tutup pentil diabaikan, kemungkinan besar udara keluar dengan tiba-tiba. Apalagi kontur jalanan Indonesia yang sering dihantui oleh batu dan kerikil dengan ukuran agak besar, tentunya angin bisa saja keluar sedikit demi sedikit, sampai akhirnya ban pun menjadi kempes.

Jika hal tersebut terjadi, resiko pun akan menghampiri. Semisal tarikan dari kendaraan terasa berat, kemudian konsumsi Bahan bakar pun menjadi lebih boros. Yang lebih berbahaya, ban kempes bisa mengakibatkan kendaraan tidak stabil serta sulit dikendalikan.

Bahaya Ban Tanpa Tutup Pentil | Rudiyanto | 4.5