Bahaya Kerikil Pada Sela-Sela Ban Kendaraan

Saturday, April 15th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Bahaya Kerikil Pada Sela-Sela Ban Kendaraan – Apabila Anda tinggal pada daerah dengan jalanan aspal kurang baik ataupun pada jalanan yang cukup banyak pasirnya serta Anda mengendarai kendaraan bermotor setiap harinya, pasti terdapat kerikil yang menempel pada sela-sela ban Anda.

Bahaya Kerikil Pada Sela-Sela Ban Kendaraan

Bahaya Kerikil Pada Sela-Sela Ban Kendaraan (Sumber Gambar : honda comunity)

Alasannya, tidak banyak orang yang memperhatikan soal seperti ini. Mereka yang sadar umumnya mendiamkan begitu saja dikarenakan menganggap hal tersebut akan hilang sendiri. Padahal, bila terus didiamkan, kerikil tersebut perlahan akan merusak ban. Kerikil tersebut bisa merobek profil ban. Terlebih jika kerikil tersebut cukup tajam.

Kerikil yang menempel pada sela-sela kembangan ban berpotensi melukai karet ban. Jika dibiarkan terus menerus bisa sedikit demi sedikit merobek ban, dan lama-kelamaan dapat melebar.

Apabila robekan terus makin membesar, maka pastinya robekan tersebut bisa menembus ban. Ban bisa saja bocor. Tentunya hal ini akan merugikan dan akan membahayakan penggunanya.

Selain dari itu, kenyamanan saat berkendara pun dapat berkurang. Alasannya, kerikil yang ada pada kembangan akan menghambat gerak ban. Padahal, ban telah dirancang sedemikian rupa supaya kontur karet dapat menyesuaikan diri pada kondisi jalanan.

Lalu, bagaimanakah caranya supaya hal tersebut tidak terjadi? Caranya bisa saja dengan memeriksa ban secara langsung serta mencopot kerikil yang terlihat oleh mata. Dan disarankan untuk meminimalisir kerikil, bisa pula dengan menjaga kecepatan laju kendaraan.

Bahaya Kerikil Pada Sela-Sela Ban Kendaraan | Rudiyanto | 4.5