Bahaya Membersihkan Busi Menggunakan Amplas

Sunday, December 11th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Bahaya Membersihkan Busi Menggunakan Amplas – Lama kelamaan komponen busi bisa kotor serta tidak lagi menjadikan performa kendaraan maksimal. Ujung dari busi, misalnya, bisa menghitam disebabkan oleh karbon sisa dari pembakaran ataupun basah dikarenakan oli.

Bahaya Membersihkan Busi Menggunakan Amplas

Bahaya Membersihkan Busi Menggunakan Amplas

Bahaya Membersihkan Busi Menggunakan Amplas (Sumber Gambar : getfixednow)

Guna mengantisipasi masalah tersebut umumnya orang awam membersihkan ujung dari komponen busi tersebut dengan amplas, sesudah terlebih dahulu mencopotnya dari blok mesin motor. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui bahwa hal tersebut sebenarnya tidak direkomemdasikan.

Baik itu amplas ataupun sikat kawat mempunyai kontur yang keras. Sehingga dikhawatirkan justru akan mengikis busi sehingga mengubah kerenggangan pada grand elektroda, yang akhirnya menjadikan kerja dari busi tidak maksimal.

Memakai sikat kawat ataupun amplas dapat merusak ujung dari center elektroda apalagi alat yang runcing seperti jarum. Jika tumpul pengapian tentu tidak akan sempurna.

Meski demikian, pembersihan terhadap busi masih dapat ditolerir dengan sejumlah syarat. Pertama-tama busi yang dibersihkan merupakan busi standar, kedua alat pembersihnya pun cukup sikat halus saja. Memakai sikat gigi merupakan rekomendasi terbaik, dan tidak boleh memakai amplas.

Sementara untuk jenis busi lain yang kastanya lebih tinggi, dalam masalah ini busi berjenis platinum dan busi iridium, sama sekali tidak boleh untuk dibersihkan. Yang dapat dilakukan apabila memang busi tersebut sudah rusak adalah dengan cara menggantinya dengan busi yang baru.

Kedua busi jenis platinum dan iridium relatif lebih mahal. Jenis platinum bisa berkisar puluhan ribu rupiah, sementara busi iridium lebih mahal lagi, dan harganya mencapai ratusan ribu. Kedua busi tersebut diklaim lebih baik dalam masalah pengapian, dan juga lebih tahan lama.

Bahaya Membersihkan Busi Menggunakan Amplas | Rudiyanto | 4.5