Bahaya Menaruh Smartphone Pada Jok Motor

Wednesday, May 3rd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Bahaya Menaruh Smartphone Pada Jok Motor – Pada saat musim penghujan tiba, sering kali para pengendara khususnya pengendara sepeda motor menyimpan smartphone ataupun handphone di bawah jok sepeda motor. Umumnya, hal tersebut dilakukan dalam kondisi yang terburu-buru, ataupun hujan turun secara mendadak dan perlu menyelamatkan smartphone supaya tidak rusak.

Bahaya Menaruh Smartphone Pada Jok Motor

Bahaya Menaruh Smartphone Pada Jok Motor (Sumber Gambar : pixabay)

Akan tetapi, banyak yang beranggapan bila menyimpan smartphone pada posisi di bawah jok sepeda motor, dan berdekatan dengan tangki bensin sangat berbahaya. Apalagi, beredar secara luas via media sosial seorang pengendara sepeda motor yang menyimpan smartphonenya pada posisi di bawah jok sepeda motor meledak sampai sepeda motornya hancur di bagian jok, tangki, serta sekitar mesin.

Namun hal tersebut tergantung pada handphone atau smartphonenya dan gelombang yang dikeluarkan oleh smartphone tersebut seperti apa. Tidaklah menjadi masalah saat menyimpan handphone pada boks motor.

Peristiwa meledaknya smartphone di bagian bawah jok sepeda motor sama halnya dengan kasus smartphone meledak pada mobil, atau pada saat gadget tersebut dipakai, serta kasus lainnya. Harus diselidiki lebih lanjut penyebab smartphone tersebut bisa meledak dan terbakar.

Apabila berkaca pada peraturan pada stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU, di saat melakukan pengisian bahan bakar atau BBM memang tidaklah dibolehkan mengaktifkan gadget smartphone ataupun handphone.

Sebuah Sistem kelistrikan dimana pun itu dapat berpotensi menghasilkan percikan bunga api. Oleh karena itu dihimbau supaya pengendara bisa mematikan sepeda motornya ketika melakukan pengisian bbm atau bahan bakar. Dan disarankan juga untuk tidak menaruh smartphone di jok sepeda motor. Meskipun tidak sepenuhnya berbahaya, namun anjuran tersebut haruslah dipertimbangkan jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bahaya Menaruh Smartphone Pada Jok Motor | Rudiyanto | 4.5