Bahaya Mencampur Air Wiper Dengan Sabun

Thursday, January 19th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Bahaya Mencampur Air Wiper Dengan Sabun – Wiper atau penghapus air atau kotoran pada kaca adalah perangkat yang tidak terpisahkan pada setiap mobil. Perangkat tersebut bertugas untuk membersihkan kaca depan mobil dari berbagai kotoran ataupun air hujan pada saat berkendara.

Bahaya Mencampur Air Wiper Dengan Sabun

Bahaya Mencampur Air Wiper Dengan Sabun (Sumber Gambar : zigwheels.com)

Fungsi dari wiper ini yang sangatlah vital pada kendaraan dan menjadikannya harus sering dirawat. Untuk sebagian orang, mengisi air wiper dengan cairan sabun adalah salah satu cara supaya wiper tidak menjadi cepat rusak. Tetapi benarkah demikian?

Mengisi wiper dengan campuran air sabun justru tidak disarankan. Hal tersebut dikarenakan sabun bisa meninggalkan kerak di kaca depan kendaraan.

Selain dapat menyebabkan munculnya kaca berkerak halus, penggunaan cairan sabun pun lama kelamaan akan menyebabkan munculnya jamur, sehingga sangat tidak dianjurkan memakai campuran air sabun.

Jika pemilik kendaraan ingin wiper kendaraan dan juga kaca depannya sesalu dalam keadaan yang baik lebih baik menggunakan cairan pembersih yang khusus untuk mengisi tangki wiper yang telah banyak dijual dipasaran saat ini. Akan lebih baik lagi jika menggunakan cairan dengan merk yang memang telah berpengalaman dan dipercaya oleh para pemilik kendaraan.

Karena jika pemilik kendaraan memakai air biasa untuk mengisi tangki wiper, sejumlah noda yang melekat pada kaca mobil tidak akan hilang, sehingga bisa mengganggu jarak pandang pengemudi.

Bahaya Mencampur Air Wiper Dengan Sabun | Rudiyanto | 4.5