Bahaya Mudik Pada Malam Hari

Tuesday, June 27th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Bahaya Mudik Pada Malam Hari – Tak sedikit kalangan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman ketika malam hari. Beragam alasan muncul, mulai dari antisipasi menghindari panas, sampai tidak ingin terjebak macet parah pada siang hari.

Bahaya Mudik Pada Malam Hari

Bahaya Mudik Pada Malam Hari (Sumber Gambar : pixabay)

Mudik pada malam hari tidaklah disarankan, alasannya, hal seperti itu mempunyai banyak risiko. Kenapa bisa beresiko? diKarena pengemudi akan sulit mendeteksi jarak dan juga kecepatan kendaraan lain.

Resiko lainnya saat perjalanan mudik pada malam hari, yakni jarak pandang atau sisi visibilitas cenderung berkurang. Selain dari itu, potensi mengalami kecelakaan 2 kali lipat dibanding bila mudik di siang hari.

Mengemudi pada malam hari pun sering tak dilengkapi lampu penerang jalanan. Selain dari itu, sinar atau cahaya lampu mobil dari sejumlah kendaraan lain terutama dari arah yang berlawanan membuat silau.

Meskipun kurang dianjurkan, ada beberapa catatan penting yang mana pengemudi haruslah pada kondisi fisik yang fit serta cukup istirahat.

Apabila waktu pagi hari dan siang hari dapat mengemudi selama kurang lebih delapan jam dan 2 jam beristirahat, sebaiknya pada saat malam hari cuma mengemudi paling maksimal sekitar 4 jam dan kemudian istirahat.

Selain dari itu, driver yang mengemudikan mobil diwajibkan tidak seorang diri, melainkan ada beberapa rekanan ataupun tandem yang juga dapat mengendarai mobil supaya bergantian.

Dengan cara tersebut tentu pengemudi dapat istirahat terlebih dulu, serta kemudian dapat kembali bergantian mengemudi.

Bahaya Mudik Pada Malam Hari | Rudiyanto | 4.5