Bahaya Terlalu Sering Poles Bodi Mobil

Tuesday, December 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Bahaya Terlalu Sering Poles Bodi Mobil – Pemilik mobil pastinya bangga apabila bodi dari kendaraannya tampak bersih dan juga mengkilap. Oleh karena itu, semua hal dilakukan untuk menjadikan bodi mobil selalu tampak seperti mobil baru.

Bahaya Terlalu Sering Poles Bodi Mobil

Bahaya Terlalu Sering Poles Bodi Mobil

Bahaya Terlalu Sering Poles Bodi Mobil (Sumber Gambar : rallyways)

Umumnya, pemilik mobil memilih datang ke salon mobil, ataupun hanya sekedar melakukan perawatan lewat memoles bodi mobil dengan cream ataupun semir yang banyak beredar di pasar.

Namun, hal tersebut tidak selamanya menjadikan cat bodi mobil mengkilap dan juga elok. Karena, jika hujan turun, perawatan yang dikerjakan menjadi sia-sia atau mubadzir. Selain itu, pemolesan pada bodi yang dilakukan dengan rutin akan memperpendek umur kualitas dari cat bodi kendaraan.

Pada umumnya, mobil produksi pabrik cuma dilapisi dengan lapisan cat yang biasa dengan ketebalan sekitar 200 sampai 300 mikron. Ketika proses pemolesan, terdapat bagian yang diamplas secara tipis dan memang bisa tampak mengkilap. Namun pengikisan tersebut dapat memotong 20 sampai 30 persen mikron.

Semakin seringnya bodi mobil dipoles, maka akan semakin cepat juga mikron tersebut menipis dan mengakibatkan lapisan dari varnish akan cepat pudar. Hal ini akan berpengaruh pada lapisan cat, lantas menjadi botak dan pada ujungnya cat bodi mobil hancur.

Selain dari itu, ada sejumlah material yang bisa menyebabkan penurunan terhadap kualitas cat mobil, yakni air aki, kotoran burung, air, getah pada pohon, bahkan dari sabun.

Apabila terlalu lama dibiarkan, maka lapisan varnish pada cat mobil akan menyebabkan pori-pori terbuka, dan hal tersebut dapat menimbulkan jamur.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan guna mempertahankan kualitas dari cat mobil adalah dengan pengelapan yang benar dan diupayakan mengelap sampai benar-benar kering.

Bahaya Terlalu Sering Poles Bodi Mobil | Rudiyanto | 4.5