Ban Yang Cocok Untuk Jalanan Basah

Monday, September 19th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ban Yang Cocok Untuk Jalanan Basah – Seperti yang sudah kita tahu, Indonesia mempunyai dua musim yakni musim kemarau serta musim hujan. Banyak pecinta otomotif yang mengutarakan ban yang cocok untuk mobil di Indonesia adalah ban all condition, atau sebutan yang dipakai pada balapan adalah Ban intermediate.

Ban ini cocok digunakan pada waktu kering maupun basah karena dapat memecah air dengan baik dan juga membuang udara yang terkepung pada depan ban. Apabila ban Anda bukanlah tipe ban all condition, Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengemudi mobil Anda di jalanan basah.

Ban Yang Cocok Untuk Jalanan Basah

Ban Yang Cocok Untuk Jalanan Basah (Sumber Gambar : pirelli)

Ban Bermotif

Bagi pengguna mobil yang masih termasuk remaja kadang menyukai motif yang aneh supaya tampilan mobil terlihat lebih keren. Umumnya hal ini dilakukan karena mengikuti trend fashion tertentu. Hal demikian boleh saja dilakukan tetapi, bila ban itu tak cocok bagi jalanan yang basah maka jangan mempergunakannya di musim hujan. Ban yang baik bagi jalanan becek adalah ban bermotif pola bergaris dengan jarak yang tidak terlalu renggang serta tidak terlalu jarang supaya memiliki daya cengkram yang cukup kuat.

Ban Baru

Bagaimanakah dengan ban yang baru? Apa bisa menerjang semua medan jalanan? pada kondisi basah sekalipun? Hal ini belum tentu benar. Mungkin saja para pemilik mobil beranggapan bahwa ban yang baru masih memiliki daya cengkram yang sempurna pada segala medan jalanan. Perlu diketahui? Ban baru itu masih memiliki lapisan silikon serta berpotensi licin. Jadi, ban yang baru itu wajib digunakan beberapa kilometer pada lintasan yang kering supaya lapisan silikon tersebut hilang karena terkikis oleh aspal.

Tipe Ban

Tipe ban yang cocok bagi jalan basah di musim hujan yakni ban undirection dengan orientasi ban 1 arah. Ban ini tidak dapat dipindah dari sisi kanan maupun kiri. Ban ini cocok bagi jalanan basah karena memiliki pola yang lebih baik guna memecah air.

Dengan tulisan beberapa tips ban yang cocok untuk jalanan basah ini, Sekarang Anda dapat tetap nyaman mengemudi mobil meski pada musim hujan. Tetapi, jangan cuma ban saja yang Anda teliti pada saat akan mengemudi mobil di musim hujan tetapi bagian lain yang mungkin perlu diperiksa terlebih dahulu, begitupun dengan pengemudinya harus dalam keadaan yang baik.

Ban Yang Cocok Untuk Jalanan Basah | Rudiyanto | 4.5