Berkendara Pada Jalanan Berlumpur

Wednesday, September 14th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Berkendara Pada Jalanan Berlumpur – Berkendara pada musim hujan memang memerlukan keahlian berkerndara yang ekstra, dikarenakan kondisi jalan di musim hujan menjadi cukup licin serta lebih berbahaya, belum lagi apabila Anda melintasi kawasan yang berlumpur.

Tips Berkendara Pada Jalanan Berlumpur

Tips Berkendara Pada Jalanan Berlumpur

Tips Berkendara Pada Jalanan Berlumpur (Sumber Gambar : kokiers)

Supaya mobil dapat tetap terkendali pada saat Anda sedang berkendara di bawah guyuran hujan dengan jalanan yang licin ataupun berlumpur, bisa ikuti tips berkendara pada jalanan berlumpur berikut ini.

Pada kondisi jalanan yang berlumpur atau licin parah, kuncinya throttle control dengan posisi perseneling yang paling tepat. Dalam kondisi tersebut tidak dianjurkan menggeber dengan seenaknya.

Pengemudi harus dapat memahami berapa torsi maksimum yang ada pada perseneling serta putaran mesin. Tidak dianjurkan pengemudi untuk tetap selalu mempergunakan perseneling posisi 1 pada saat melaju dalam jalanan licin atau berlumpur.

Lebih baik memakai perseneling posisi dua, tetapi dengan rpm yang rendah dan torsinya cukup. Tidak selamanya menggunakan perseneling posisi 1 terus menerus, kadang hal ini bisa mengakibatkan spin.

Sedangkan pada mobil SUV yang telah dilengkapi modul off-road, dapat dikendalikan lebih mudah ketika berkendara pada kondisi semacam ini. Hal tersebut dikarenakan modul off-road dalam mobil SUV akan mampu mengintegrasi respons gas yang terintegrasi dengan posisi perseneling yang diperlukan mesin.

Canggihnya off-road mode tersebut, ketika mobil melintas di lumpur, throttle respons dengan perseneling terintegrasi. Mode ini akan mencari perseneling serta traksi terbaik, orang yang tidak terlalu bisa mengemudipun menjadi bisa.

Demikianlah ulasan tentang tips berkendara pada jalanan berlumpur yang singkat ini. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan tambahan bagi para pembaca.

Berkendara Pada Jalanan Berlumpur | Rudiyanto | 4.5