Cara Kerja ABS

Saturday, August 20th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Kerja ABS – Melakukan pengereman secara mendadak apalagi pada jalanan licin merupakan 1 hal yang sangat beresiko tinggi. Faktanya, dijalanan yang licin, pengendara professional yang menyetir tanpa sistem ABS (Anti-Lock Braking System) tak akan dapat mengendalikan mobilnya dengan cukup baik dibandingkan dengan pengemudi amatir yang menggunakan mobil dengan sistem ABS. Apakah yang dimaksud dengan ABS ?. Bagaimanakan Cara Kerja ABS tersebut?. Mari kita simak penjelasan tentang cara kerja ABS.

Cara Kerja ABS

Cara Kerja ABS

Cara Kerja ABS (Sumber Gambar : toyoya.lk

Kontroller pada sistem ini akan memonitor sensor kecepatan bila sewaktu-waktu terjadi deselerasi secara tiba-tiba. Pada kondisi normalnya, rata-rata mobil memerlukan waktu lima second untuk berhenti dari kecepatan 100 Kmh pada 0 Kmh, akan tetapi mungkin saja roda mengunci kurang dari 1 detik.

Pengontrolpun akan mendeteksi berapa kecepatan terjadinya deselerasi. Lalu memerintahkan klep serta pompa untuk mengatur besarnya pressing minyak rem pada selang rem. Proses itu berlangsung on-off, maksudnya selang dijaga tekanan atau pressingnya secara putus nyambung.

Proses ini yang membuat roda tak mengunci, dikarenakan tekanan atau pressing minyak pada selang rem berubah-ubah. Prosesnya pun berlangsung cukup cepat, sebelum terjadinya penurunan kecepatan.

Akibat dari naik turunnya pressing minyak rem pada selang rem bisa mengakibatkan getaran yang halus pada pedal. Kuat atau lemahnya getaranpun tergantung kualitas ABS dan seberapa kencang lajunya mobil ketika pedal rem diinjak secara mendadak. Beberapa sistem ABS bisa mengakibatkan getaran di pedal sampai 15 kali persecond.

Selain jumlah klep serta pengontrolnya, sistem ABS diklasifikasikan berdasar sensor serta tipe rem yang dipergunakan. Intinya ada tiga tipe ABS berdasar penempatan sensor dan kontroller, yakni 4 saluran 4 sensor masing-masing satu, 3 saluran 3 sensor dua didepan dan satu dibelakang, serta 1 saluran 1 sensor, hanya 1 sensor serta 1 actuator yang mengendalikan 4 roda.

Demikian artikel tentang cara kerja ABS yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat serta dapat menambah wawasan pembaca.

Cara Kerja ABS | Rudiyanto | 4.5