Cara Konvoi Sepeda Motor Yang Benar

Monday, November 14th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Konvoi Sepeda Motor Yang Benar – Konvoi merupakan salah satu kegiatan yang kerap dipilih oleh bikers guna mengisi liburan. Selain berguna mempererat tali silaturahmi, seringkali kegiatan jalan-jalan tersebut dipergunakan untuk bertukar ilmu mengenai sepeda motor.

Cara Konvoi Sepeda Motor Yang Baik dan Benar

Cara Konvoi Sepeda Motor Yang Benar

Cara Konvoi Sepeda Motor Yang Benar (Sumber Gambar : trimotor)

Seperti dalam berkendara, ternyata konvoi juga ada aturan dan tekniknya, utamanya dalam hal formasi konvoi tersebut. Formasi konvoi yang paling tepat tersebut ialah formasi zig-zag dua baris. Ini cukup bermanfaat guna menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan.

Itu merupakan teknik apabila harus melakukan pengereman mendadak, ada ruang yang cukup guna menghindari tabrakan. Tentunya, formasi iring-iringan tersebut berlaku bila jalanan sedang lengang.

Idealnya lagi, satu rombongan konvoi tidak lebih dari 10 sepeda motor. Hal tersebut berguna supaya konvoi tidak mengganggu kendaraan lain yang juga pengguna jalan.

Selain dari formasi, konvoi yang baik dan benar adalah pada saat sang bikers memakai atribut yang sesuai, mulai dari sepatu yang ketinggiannya di atas mata kaki, sampai sarung tangan yang menutupi pergelangan. Usahakan pula cuma berkendara maksimalnya 2 jam dan sempatkan beristirahat bila perjalanan masih panjang.

Bijaklah saat menggunakan fasilitas umum, terlebih jalan raya merupakan fasilitas yang sangat banyak dipergunakan setiap harinya oleh masyarakat maupun pengendara dari berbagai jenis kendaraan dan bisa saja mengakibatkan melayangnya nyawa seseorang bila semuanya tidak memakai jalan raya sesuai dengan aturan dan cenderung seenaknya.

Cara Konvoi Sepeda Motor Yang Benar | Rudiyanto | 4.5