Cara Manual Memeriksa Koil Sepeda Motor

Monday, April 24th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Manual Memeriksa Koil Sepeda Motor – Untuk Anda yang di kesehariannya beraktivitas memakai kendaraan bermotor idealnya perlu mempunyai kemampuan melakukan perbaikan atau minimalnya mendiagnosis beberapa permasalahan yang ada di kendaraannya. Salah satu permasalahan yang perlu diketahui adalah setidaknya mengetahui kondisi sistem pengapian.

Seperti yang sudah diketahui, mayoritas sistem pengapian pada sepeda motor keluaran baru telah menerapkan CDI Atau Capasitive Discharge Ignition dan nyaris sudah tidak ada lagi yang menerapkan sistem pengapian secara konvensional atau sistem platina.

Cara Manual Memeriksa Koil Sepeda Motor

Cara Manual Memeriksa Koil Sepeda Motor

Cara Manual Memeriksa Koil Sepeda Motor (Sumber Gambar : Wikimedia)

Sistem pengapian pada kendaraan bermotor sendiri mempunyai beberapa bagian, dari mulai spul, batre atau aki , CDI, pulser, busi, serta koil. Kesemua komponen tersebut haruslah bekerja dengan baik serta kerusakan di salah satu komponen tersebut berpotensi menyebabkan motor gagal hidup. Dan salah satunya adalah komponen yang bernama koil yang kerap bermasalah.

Cara untuk mengetahui kondisi dari sistem pengapian bisa dilakukan memanfaatkan multitester, busi tester atau spark plug tester, dan juga ignition tester. Tentunya diperlukan pengetahuan khusus untuk dapat menggunakan beberapa alat tersebut. Tetapi jangan khawatir karena terdapat cara manual untuk bisa memeriksa kondisi koil, Berikut uraiannya:

Pertama, Pada sebuah sistem pengapian, koil mempunyai peranan yang sangat penting. Komponen tersebut berfungsi untuk menggandakan tegangan yang rendah yang berasal dari spul maupun aki menjadi besaran ribuan volt. Di bagian dalam komponen koil terdapat kumparan sekunder dan juga primer. Salah satu cara atau metode manual untuk mengetahui koil pengapian sepeda motor yang sudah rusak adalah jika tahanan kumparan di bagian dalam koil tidaklah sama seperti spesifikasi. Ini berarti koil sudah mutlak wajib diganti karena rusak.

Kedua, Ciri lain guna mengetahui bahwasanya koil rusak adalah pada saat mesin berkondisi panas, ataupun sesudah berjalan beberapa kilometer mendadak pengapian berhenti. Ini pastinya menyebabkan mesin sepeda motor mogok mendadak dan tidak bisa lagi dihidupkan.

Cara yang ketiga untuk mengetahui apakah koil sepeda motor rusak adalah dengan melihat dan mengamati api yang keluar dari busi. Meski koil pada keadaan mati, busi masih bisa memercikkan api, akan tetapi yang api dihasilkan kecil. Api pada busi pun akan berwarna kemerahan ataupun putih kebiru-biruan.

Cara Manual Memeriksa Koil Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5