Cara Melakukan Inreyen Motor dengan Benar

Friday, May 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Inreyen adalah istilah yang sering kita dengar khususnya bagi para pengendara sepeda motor. Inreyen dalam bahasa resminya disebut running-in period atau dikenal juga dengan nama masa break-in. Istilah ini berlaku untuk sepeda motor baru, asumsi yang sudah beredar di masyarakat bahwa motor baru tidak boleh langsung dijalankan secara ekstream, perlu penyesuaian dahulu mesin supaya tidak cepat rusak. Namun benarkah asumsi masyarakat tersebut?

Untuk mencari tahu jawabannya, kami mengutip artikel yang diterbitkan oleh harian Kompas, disana dikatakan menurut seorang ahli technical motor, Sarwono Edhi, inreyen memang sangat diperlukan, terutama pada saat 500 km pertama.

“Alasannya, supaya kehandalan kendaraan bisa tetap awet serta performanya tetap terjaga. Inreyen merupakan masa penyesuaian kerja setiap komponen yang ada dalam sepeda motor supaya bisa berjalan dengan semestinya”, Sarwono menjelaskan.

Sedangkan partikel-partikel yang sangat mungkin tersisa dari proses pembuatan dan perakitan seperti oli pengawet dan serpihan logam perlu untuk dibersihkan dengan cara manual dalam masa inreyen.

Cara Melakukan Inreyen Motor dengan Benar

Cara Melakukan Inreyen Motor dengan Benar

Cara Melakukan Inreyen Motor dengan Benar

Lalu berikut ini adalah cara melakukan inreyen motor dengan benar sebagaimana yang diungkapkan oleh Sarwono Edhi.

1. Hindari akselerasi yang cepat, bila itu diabaikan maka kerusakan komponen akibat adanya gesekan yang terlalu berlebihan akan terjadi.

2. Hindari pengereman terlalu kuat dan menurunkan gigi transmisi dengan cepat.

3. Jangan berkendara secara ekstream.

4. Hindari mengakut beban yang terlalu berat, karena hal itu bisa menambah beban kerja daripada komponen padahal masih dalam proses adaptasi.

5. Setelah mencapai jarak 1.000 km segera lakukan penggantian oli, manfaatnya partikel-partikel hasil dari gesekan dan serpihan lainnya bisa langsung terbuang.

Demikianlah cara melakukan inreyen motor dengan benar, bila kelima cara tersebut dilakukan, maka kendaraan anda akan berusia panjang.

Cara Melakukan Inreyen Motor dengan Benar | admin | 4.5