Cara Memanaskan Mesin Sepeda Motor Injeksi

Friday, May 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Sudah menjadi pengetahuan umum, sebelum seseorang memulai perjalanan, mesin sepeda motor harus terlebih dahulu dipanaskan, terlebih jika sudah dibiarkan beberapa jam. Biasanya cara memanaskan mesin motor dengan cara membiarkan stasioner dalam jangka waktu yang beragam. Namun, kebiasaan ini tidak begitu penting untuk mesin yang sudah mengadopsi teknologi injeksi.

Pernyataan di atas diamini oleh Sarwono Edi selaku Technical Service Training Manager PT AHM. Beliau mengatakan sepeda motor yang telah menggunakan mesin injeksi sudah terbilang pandai bila dibandingkan dengan mesin karburator. Kebutuhan akan bahan bakar pada mesin injeksi sudah diatur secara otomatis oleh teknologi yang bernama EMC (Engine Control Module) sehingga tidak perlu menarik handel gas saat dipanaskan.

Cara Memanaskan Mesin Sepeda Motor Injeksi

Cara Memanaskan Mesin Sepeda Motor Injeksi

Cara Memanaskan Mesin Sepeda Motor Injeksi

Adapun cara memanaskan mesin sepeda motor yang baik tersebut dijelaskan oleh Sarwono Edi sebagai berikut.

“Cukup 30 detik dan maksimal 1 menit. Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Dan tidak perlu digeber-geber segala karena akan sia-sia”.

Jika terlalu lama dalam memanaskan motor itu hanya membuang bensin sia-sia saja. Dan ada kemungkinan juga knalpot mengalami panas yang berlebihan.

Jika tidak dipanaskan pun Sarwono menjamin tidak akan berpengaruh apa-apa pada motor denganmesin injeksi. Adapun gejala “brebet” seperti yang sering teralami pada jenis mesin karburator karena kurang panas akan sangat jarang terjadi pada mesin injeksi.

Cara Memanaskan Mesin Sepeda Motor Injeksi | admin | 4.5