Cara Membersihkan Catridge Canon Yang Tersumbat

Thursday, April 14th, 2016 - Artikel, Artikel Alat Kantor

Ketokoku.net – Printer Canon merupakan salah satu merk printer yang banyak digunakan untuk kebutuhan personal, atau kantor. Harga yang terjangkau namun mempunyai kualitas yang cukup baik menjadi alasan utama kenapa banyak orang yang memilih printer ini.

Namun tidak jarang printer canon mengalami masalah, contohnya saja terjadi penyumbatan di bagian catridge. Untuk memperbaikinya caranya cukup mudah, jadi anda tidak perlu memperbaikinya ke tukang service. Untuk membersihkan atau memperbaikinya bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Permasalahan penyumbatan pada catridge canon bisa terjadi karena printer jarang digunakan. Tinta bekas pakai yang ada di catridge menjadi mengering dan menutupi lubang saluran tinta. Untuk memperbaikinya, ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Membersihkan Catridge Canon Yang Tersumbat

Cara Membersihkan Catridge Canon Yang Tersumbat

Cara Membersihkan Catridge Canon Yang Tersumbat

Peralatan yang dibutuhkan

Untuk memperbaiki catridge canon yang tersumbat anda perlu menyiapkan beberapa peralatan, yaitu: head cleaner, tinta baru, alat penyedot, wadah untuk menyimpan catridge, dan tissue kering.

Langkah Pertama

Tuangkan cairan head cleaner secukupnya saja pada wadah, kemudiakan masukkan catridge ke dalam wadah yang sudah terisi cairan head cleaner tersebut. Tunggu beberapa saat sampai tinta yang mengering pada bagian catridge melumer.

Langkah Kedua

Angkat catridge dari wadah yang berisi cairan head cleaner, kemudian sedot menggunakan alat penyedot yang sudah disediakan. Untuk melakukannya anda harus berhati-hati, lakukan dengan perlahan sampai tinta yang menempel benar-benar hilang dari catridge.

Langkah Ketiga

Setelah disedot, kemudian bersihkan menggunakan tissue. Langkah ini adalah langkah yang menentukan dalam memperbaiki catridge tersebut. Anda harus berhati-hati dan teliti dalam melakukan pembersihan menggunakan tissue ini. Setelah itu pasangkan kembali catridge pada printer anda. Lalu isi dengan tinta printer yang baru.
Supaya tidak terjadi lagi hal seperti ini, jangan simpan tanpa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pembersihan catridge perlu dilakukan setidaknya satu kali dalam sebulan.

Demikianlah informasi mengenai cara membersihkan catridge canon yang tersumbat yang bisa kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat.

Cara Membersihkan Catridge Canon Yang Tersumbat | admin | 4.5