Cara Memeriksa AC Mobil Sebelum Mudik

Monday, June 19th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Memeriksa AC Mobil Sebelum Mudik – Perjalanan ketika arus mudik Lebaran tentu akan lebih padat dibandingkan hari-hari biasa. Macet pun telah menjadi hal yang biasa atau lumrah pada kondisi seperti ini. WAlhasil, waktu yang diperlukan relatif jauh lebih lama.

Cara Memeriksa AC Mobil Sebelum Mudik

Cara Memeriksa AC Mobil Sebelum Mudik (Sumber Gambar : carnation.in)

Guna mengantisipasi kegerahan di kabin dalam mobil, ada baiknya memeriksa sistem pendingin ruangan sebelum Anda memulai perjalanan. Hal ini dikarenakan, AC mobil yang terasa kurang sejuk tentu akan membuat penumpang di dalamnya merasa tidak nyaman. Bagaimana bisa nyaman, udara terus berembus dari sejumlah ventilasi namun hawanya panas.

Apabila Anda merasakan gejala seperti itu dalam mobil, Anda harus waspada. Sebab, hembusan udara yang tidak terasa sejuk mengindikasikan bahwa filter kabin AC mobil tersebut kotor.

Kurangnya dingin ataupun angin terasa kecil mengindikasikan filter atau saringannya kotor. Jika kotor, tidak akan bisa menghisap udara pada kabin, udara pun tidak dapat menyemburkan pada evaporator.

filter atau saringan kabin perlu diperiksa setiap tiga bulan sekali. Jika sudah kotor maka bisa dibersihkan sendiri oleh pemilik mobil atau dibersihkan oleh para mekanik di bengkel.

Penyemprotan memakai kompresor angin merupakan tindakan awal dan bisa juga disebut pertolongan pertama. Apabila sudah terlalu kotor, lebih baik segera diganti. Durasi untuk penggantiannya setiap eman bulan. Harus diingat, periksalah secara menyeluruh dan mendetail.

Cara Memeriksa AC Mobil Sebelum Mudik | Rudiyanto | 4.5