Cara Mencegah Kebakaran Di Mobil

Saturday, October 8th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Mencegah Kebakaran Di Mobil – Sebagai pemilik kendaraan khususnya mobil, pernahkah membayangkan bila mobil kesayangan Anda terbakar dengan tiba-tiba. Dikarenakan, sewaktu kejadian tersebut bisa saja menimpa pada diri Anda.

Beberapa Tips Cara Mencegah Kebakaran Di Mobil

Cara Mencegah Kebakaran Di Mobil

Cara Mencegah Kebakaran Di Mobil (Sumber Gambar : nodisinfo)

Tetapi jangan khawatir, masalah tersebut masih dapat dicegah. Berikut ini merupakan beberapa tips cara mencegah kebakaran di mobil.

Servis Berkala

Guna menghindari mimpi kejadian tersebut ada baiknya jika Anda tidak malas pada saat jadwal merawat mobil kesayangan. Melakukaan servis berkala dapat menghindari peristiwa yang tidak diinginkan tersebut karena, pada saat service Anda akan tahu kondisi dari mobil kesayangan Anda tersebut.

Konsultasi Sebelum Memodifikasi

Khususnya bagi anak muda atau penikmat modifikasi disarankan berkonsultasi terlebih dulu dengan bengkel sebelum melakukan modifikasi pada mobil Anda. Pastikanlah pemasangan aksesoris pada sistem kelistrikan dikerjakan oleh teknisi yang benar-benar ahli dibidang tersebut. Pergunakan genuine part resmi serta lakukan pada bengkel yang sudah direkomendasikan.

Pastikan Sterilnya Kap Mesin

Hal yang dapat dilkukan guna mencegah kebakaran pada mobil adalah dengan memastikan kap mesin sudah steril dari benda-benda asing. Periksalah kap mesin mobil Anda, adakah benda asing semisal kertas, plastik, tisu, ataupun kain. Benda-benda tersebut akan sangat mudah terbakar.

Jauhkanlah Benda yang Mudah Terbakar

Jangan gegabah, cairan pembersih semprot kendaraan serta obat nyamuk semprot sangat berpotensi memperburuk mobil yang terbakar. Jauhkan benda atau material yang akan mudah terbakar, misalnya kaleng beraerosol atau bahkan lebih parah adalah menyimpan jerigen berisi bensin di dalam mobil.

Jauhi Parkir Didekat Pembakaran Sampah

Bukan tak mungkin pada saat memarkir kendaraan di dekat tempat pembakaran sampah, benda-benda yang terbakar tertiup angin dan kemudian mengenai mobil Anda.

Asuransi

Usaha preventif yang tentu tidak kalah penting adalah dengan mengasuransikan mobil Anda. Terlebih lagi bila Anda mendaftarkan mobil kesayangan pada pihak asuransi. Dengan demikian, Anda akan punya jaminan yang bisa memberikan rasa aman apabila terjadi hal yang tidak di inginkan misalnya kebakaran pada mobil.

Cara Mencegah Kebakaran Di Mobil | Rudiyanto | 4.5