Cara Mendeteksi Power Steering Bermasalah

Thursday, April 6th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Mendeteksi Power Steering Bermasalah – Fitur atau komponen power steering pada kendaraan khususnya mobil, saat ini telah menjadi standar untuk menambah segi kenyamanan dan juga keamanan bagi para pengendaranya. Akan tetapi, dengan cara mengemudi atau berkendara yang kurang baik dan tepat, ternyata dapat membuat komponen power steering bermasalah.

Cara Mendeteksi Power Steering Bermasalah

Cara Mendeteksi Power Steering Bermasalah (Sumber Gambar : flickr)

Apabila sudah begitu, pastinya akan mengakibatkan setir terasa berat ketika dibelokan atau digerakan, atau bisa saja muncul suara bila mobil melintasi jalanan rusak ataupun jalanan berlubang. Kemudian, bagaimana cara mendeteksi power steering yang mengalami masalah?

Kerusakan komponen fitur power steering dapat dilihat dari terdapatnya kebocoran pada oli power steering. Lumrahnya, tanda tersebut dapat dilihat dari power steering yang menggunakan sistem hidrolik.

Warna dari oli power steering merah, dan apabila sudah ada beberapa tetesan di bagian tersebut, artinya ada problem atau masalah dengan komponen power steering tersebut.

Selain dari itu, bila saat kemudi terasa berat pada saat diputar, dan kemudi tidak berbalik pada posisi semula ketika diputar, maka hal tersebut bisa menjadi satu ciri bila power steering mengalami problem atau masalah. Kemudian, timbul suara-suara pada bagian power steering, itupun bisa menjadi pertanda masalah.

Harus diingat, power steering tersebut memerlukan perawatan secara berkala atau periodik. Bahkan, perawatan fitur tersebut tidak terlalu ribet, cuma mengganti oli power steering dengan jangka waktu setahun sekali. Hal ini dapat membuat umur pemakaian power steering lebih lama.

Cara Mendeteksi Power Steering Bermasalah | Rudiyanto | 4.5