Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Perjalanan Mudik

Friday, June 9th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Perjalanan Mudik – Untuk Anda yang hendak pulang menuju kampung halaman ketika musim mudik Lebaran, tentunya memerlukan persiapan yang khusus. Selain pada kendaraan yang harus dipersiapkan, fisik dari pengemudi pun demikian. Karena kondisi fisik dari pemudik pada saat menjalani ibadah puasa sangatlah berbeda dengan ketika tidak berpuasa.

Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Perjalanan Mudik

Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Perjalanan Mudik (Sumber Gambar : wikimedia)

Orang yang sedang berpuasa tentunya mengalami penurunan konsentrasi yang cukup signifikan ketika berkendara. Penyebabnya adalah mengenai psikologis dari pengemudi. Apabila orang kekurangan air serta asupan makanan, konsentrasinya bisa saja kurang baik.

“Teorinya adalah bila kita sedang berada di dalam situasi yang level air di atas 80 persen yakni cairan di dalam tubuh, pastinya akan mempunyai kosentrasi yang cukup bagus. Dalam mobil, yang perlu kita pertahankan yakni dua hal, yang pertama level oksigen dan yang kedua level air.

Orang yang sedang berpuasa mempunyai tingkat konsentrasi yang bagus sekitar enam jam sesudah jam sahur, namun sesudah itu kemungkinan besar terjadi kehilangan konsentrasi. Bila sudah seperti itu tandanya memerlukan istirahat.

Triknya istirahatnya, pada saat sudah driving away dianjurkan tidur siang. Karena pada saat tidur siang badan seseorang seperti direset ulang, seolah-olah baru mulai kembali. Untuk tidur siang pun tidak perlu lama, 1/2 jam atau 1 jam sudah cukup.

Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Perjalanan Mudik | Rudiyanto | 4.5