Cara Mengatur Posisi Mengemudi Kelas Profesional

Thursday, July 6th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Mengatur Posisi Mengemudi Kelas Profesional – Mengatur posisi saat berkendara adalah hal yang sangat krusial dalam berkendara. Alasannya, reaksi dari mobil bisa sangat ditentukan oleh input dari pengemudinya, dan seorang pengemudi juga bisa merasakan input dari mobil bila posisi berkendaranya tepat. Semisal, Anda bisa mengetahui berapa besar roda atau ban belakang kehilangan traksi lewat pinggul Anda.

Cara Mengatur Posisi Mengemudi Kelas Profesional

Cara Mengatur Posisi Mengemudi Kelas Profesional (Sumber Gambar : pixabay)

Yang pertama yang harus dilakukan, adalah dengan mengatur jarak di tempat duduk. Tempatkanlah kaki kiri di ujung ruang kaki, bila menggunakan mobil dengan transmisi manual, maka injak pedal kopling sedalam mungkin. Sesudah itu, geserlah kursi sampai lutut agak menekuk. Dengan demikian, risiko cedera atau kaki patah bisa berkurang bila mengalami sebuah benturan yang hebat.

Sesudah itu, aturlah kemiringan kursi sampai Anda dapat menempatkan kedua tangan pada arah jam 12 dari lingkar kemudi, sesudah itu tempatkanlah tangan kiri pada arah jam 09.00, sedangkan untuk tangan kanan pada arah jam 03.00. Aturlah kemiringan lingkar kemudi atau tilt, sampai Anda dapat melihat informasi di instrumental panel dengan cukup jelas.

Dan hal yang terakhir, pastikanlah bagian belakang tubuh Anda menempel rapat dengan jok supaya Anda dapat merasakan pergerakan di mobil dan selama Anda bermanuver, pastikanlah posisi kedua tangan Anda tidak berubah.

Fokus adalah hal yang menjadi pokok dari semua gaya berkendara, karena fokus adalah suatu faktor yang tak bisa dilepaskan dari semua urusan.

Cara Mengatur Posisi Mengemudi Kelas Profesional | Rudiyanto | 4.5