Cara Mengganti Oli Motor dengan Benar

Friday, May 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Supaya motor tetap awet dan nyaman dikendarai, maka mengganti oli secara berkala merupakan pekerjaan yang wajib dilakukan. Bagi sebagian besar pengendara mengganti oli merupakan pekerjaan yang cukup rumat. Maka dari itu mereka mempercayakannya kepada bengkel.

Namun tahukah anda, mengganti oli motor itu ternyata tidaklah sembarangan. Ada ritual atau syarat-syarat khusus bila ingin masuk kategori penggantian oli dengan benar. Sayangnya, tidak semua mekanik bengkel mengetahui cara benar mengganti oli motor ini. Maka dari itu anda perlu mengetahui hal ini, supaya bisa melakukan penggantian oli sendiri di rumah, atau setidaknya anda bisa memperhatikan si mekanik saat sengan melakukan penggantian oli motor anda.

Fungsi dari oli mesin motor itu sendiri merupakan untuk menjaga tingkat keausan karena gesekan pada komponen mesin. Bila oli lama tidak diganti maka oli atau pelumas akan kotor dan menjadi lebih encer. Hal itu akan bisa dirasakan secara langsung oleh pengandara, seperti mesin menjadi kurang bertenaga dan cepat panas.

Cara Mengganti Oli Motor dengan Benar

Cara Mengganti Oli Motor dengan Benar

Cara Mengganti Oli Motor dengan Benar

Di sini kami mengutip artikel dari kompas.com, dimana disana dikatakan beberapa tips untuk mengganti oli motor dengan benar. Ini merupakan pedoman penting untuk anda, karena penggantian oli motor tidak hanya dilakukan sekali dua kali saja.

1. Lakukan penggantian oli motor saat mesin panas. Karena pada saat mesin masih panas, keadaan oli lebih encer sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan, dan kotoran yang terbawa berasama oli kotor bisa lebih maksimal dikeluarkan.

2. Persiapkan bak untuk menamping oli pembuangan yang sudah kotor dari dalam mesin.

3. Buka baut penutup pembuangan yang biasanya terletak di lantai sebelah kiri bawah bak mesin (crankcase). Upayakan posisi motor dalam keadaan standar samping supaya lebih melancarkan pengeluaran oli kotor.

4. Lalu buka baut pengisian atau baut pengukur.

5. Untuk mempercepat proses pembersihan sisa-sisa dari oli maka bisa dibantu dengan menyemprotkan udara dari kompresor melalui lubang pengisian. Atau jika tidak ada kompresor, bisa dibantu dengan cara menginjak kick starter secara berulang kali sampai yakin pelumas yang masih menempel telah keluar.

6. Bersihkan saringan oli atau pelumas yang letaknya di baut pembuangan.

7. Kemudian pasangkan kembali saringan oli atau pelumas, dan pasang hingga kencang baut penutup pembuangan.

8. Isikan bak mesin dengan oli atau pelumas baru sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan, melalui lubang pengisian.

9. Pasang baut pengukur.

10. Hidupkan mesin lalu biarkan stasioner selama beberapa waktu untuk supaya pelumas bisa mulai bersirkulasi.

11. Matikan mesin, kemudian posisikan kembali motor menjadi tegak.

12. Periksa pada baut pengukur, pastikan tinggi permukaan berada pada batas atas.

13. Penggantian oli selesai, kini sepeda motor anda siap bertempur kembali.

Cara Mengganti Oli Motor dengan Benar | admin | 4.5