Cara Mengindari Lubang Jalanan

Saturday, October 1st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Mengindari Lubang Jalanan – Pengemudi tidak dapat menolak jalan raya yang berlubang. Walaupun begitu, ada beberapa tips cara menghindari lubang jalanan yang umumnya selalu ada pada jalanan alternatif ataupun jalan utama, terlebih jalanan tersebut sering dilewati truk maupun bus besar. Berikut adalah cara menghindari lubang jalanan.

Cara Mengindari Lubang Jalanan

Cara Mengindari Lubang Jalanan (Sumber Gambar : tribunnews)

Mengurangi Kecepatan Sebelum Lubang
Apabila mobil yang dikendarai sedang melaju dengan kecepatan yang cukup kencang, maka mulailah kurangi kecepatan serta perlambat laju kendaraan pada saat melihat adanya lubang di depan Anda. Untuk bisa melakukan tindakan tersebut, usahakan jangan menguntit mobil yang ada di depan supaya lubang dapat terlihat. Anda pun akan mempunyai ruang dan waktu guna antisipasi.

Usahakan jangan mengurangi kecepatan dengan mendadak dikarenakan berpotensi mengagetkan kendaraan yang ada di belakang. Usahakan juga jangan melakukan pengereman yang kuat ketika ban memasuki lubang. Hal ini akan memperkuat benturan diantara ban, pelek serta pinggir lubang. Ada baiknya injak rem dengan bertahap sampai sesaat sebelum ban menerjang lubang serta langsung melepas dengan cukup cepat tuas rem.

Perhatikan Kedalaman Lubang
Sebelum melindas lubang tersebut, perkirakan bagaimanakah kondisi dan kedalaman lubang yang akan dilalui. Kita dapat menjadikan mobil yang ada di depan sebagai parameter guna melakukan pengukuran kedalaman lubang tersebut. Bila ternyata terlalu dalam, maka sebaiknya mengambil sisi lain dengan perlahan dari jalan yang akan dilintasi. Apabila memungkinkan, tempatkan lubang tepat diantara roda mobil.

Waspada terhadap kendaraan lain pada saat melakukan manuver menghindar tersebut. Dengan memperhatikan kondisi lalu lintas yang ada di sekitar mobil dengan berkala bisa menjadi referensi untuk Anda seberapa jauh mobil dapat bermanuver.

Usahakan Posisi Mengemudi Anda Mantap
Ketika melalui jalanan berlubang, usahakan Anda telah dalam posisi mengemudi yang mantap. Artinya, Anda mempunyai posisi duduk yang nyaman tanpa kemungkinan terpental ketika terkena guncangan. Safety belt atau sabuk pengaman akan sangat penting untuk menjadikan posisi Anda lebih aman dan nyaman.

Selain daripada itu, Usahakan pula Anda memegang setir dengan kokoh. Melewati jalan yang berlubang bisa menggerakan setir yang akan menjadikan roda depan mobil Anda berubah arah.

Lewati Lubang Dengan Menyeluruh
Apabila terpaksa harus masuk pada lubang, maka lalui lubang secara perlahan serta biarkan semua permukaan telapak ban masuk lubang. Dengan begitu, pengemudi mengurangi resiko kerusakan ban, utamanya kerusakan pada dinding ban. Hal ini dikarenakan dinding ban tidak dirancang sekuat dan sekokoh bagian telapak ban. Langkah tersebut juga bisa menjaga mobil tetap ada dalam kendali. Tetapi, apabila lubang ternyata dalam serta lebar, janganlah memaksakan untuk melewatinya. Hal ini dikhawatirkan diameter ban serta ground clereance mobil Anda tidak memungkinkan, malahan justru akan merusak bodi mobil.

Pada saat Anda terlanjur melewati lubang dengan cukup keras, ada beberapa point yang dapat dilakukan guna membatasi kerusakan yang lebih lanjut. Seperti memeriksa kondisi ban. Apabila tampak sedikit kempes, segeralah menepi ketika mendapatkan lokasi yang aman untuk melakukan pergantian ban. Hal tersebut dilakukan guna mereduksi kerusakan pada velg. Meskipun ban tidak sampai kempes, cek kondisi velg. Velg yang rusak bisa mengakibatkan ban kempis di perjalanan berikutnya.

Cermatilah gerakan mobil apakah mengarah pada satu sisi tanpa Anda merubah arah kemudi. Hal tersebut terjadi akibat ada perubahan alignment roda yang memerlukan penyetingan ulang.

Cara Mengindari Lubang Jalanan | Rudiyanto | 4.5