Cara Merawat Catalytic Converter

Monday, February 6th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Merawat Catalytic Converter – Salah satu komponen penting pada sistem pembuangan kendaraan adalah catalytic converter. Komponen ini bertugas menurunkan emisi gas buang, dengan metode menyaring udara sisa dari pembakaran.

Cara Merawat Catalytic Converter

Cara Merawat Catalytic Converter (Sumber Gambar : driving test tips)

Tidak cuma itu, komponen ini juga berdampak pada pembakaran yang menjadi lebih sempurna, sehingga konsumsi dari bahan bakar mobil akan menjadi lebih efisien.

Dengan terdapatnya regulasi batas emisi, komponen ini menjadi ujung tombak guna menjaga gas buang kendaraan supaya tetap di bawah ambang batas. Karena fungsi dari komponen ini yang vital, catalytic converter pun harus dirawat. Lantas, Bagaimana cara merawat catalytic converter supaya tetap selalu bersih serta tidak mudah rusak?.

Secara teknis, sebenarnya catalytic converter tidak memerlukan perawatan khusus. Akan tetapi, guna memaksimalkan fungsi dari komponen ini, ada sejumlah tips yang harus diperhatikan.

Pertama, adalah dengan melakukan perawatan secara rutin pada bengkel resmi.

Yang Kedua, gunakanlah Bahan Bakar dengan level oktan maksimal, ataupun menambahkan fuel additive. Hal tersebut berfungsi guna menggerus kotoran yang melekat pada catalytic converter.

Ketiga, jika mobil telah mempunyai fitur Eco Driving, dianjurkan untuk memanfaatkan fitur tersebut, supaya gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan minim polusi.

Cara mengemudi yang berorientasi eco driving pun akan meningkatkan kinerja serta fungsi dari catalytic converter.

Cara Merawat Catalytic Converter | Rudiyanto | 4.5