Cara Merawat Gir dan Rantai Sepeda Motor

Friday, May 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Semua komponen dalam sepeda motor sangat perlu untuk diperhatikan dan dirawat secara berkala. Namun ada beberapa komponen yang selalu luput dari perhatian, misalnya saja gir dan rantai. Dua komponen ini memang tidak akan ditemukan pada jenis motor skutik, yang pada era ini sangat menjamur. Namun masih banyak pengguna jenis sepeda motor lain, seperti motor bebek dan sport.

Menjadi begitu penting untuk diperhatikan karena dua komponen ini merupakan tumpuan terahir daripada mesin untuk menggerakan roda. Banyak yang mengabaikan kesehatan kedua komponen tersebut, alhasil sering kita temui sepeda motor yang gir belakangnya sampai mengeluarkan bunyi, atau rantai terlihat kendor, karena mungkin ketidak tahuan atau apa yang penting sepeda motor tetap bisa berjalan.

Cara Merawat Gir dan Rantai Sepeda Motor

Cara Merawat Gir dan Rantai Sepeda Motor

Cara Merawat Gir dan Rantai Sepeda Motor

Untuk merawat kendaraan supaya bisa tetap nyaman dan aman dikendarai, maka wajib untuk mengetahui ciri-ciri daripada gir yang sudah mulai aus karena proses pengikisan rantai. Berikut ini ulasannya:

1. Usahakan untuk selalu mengecek kondisi gir secara kasat mata, kita bisa membedakan mana gir yang masih bagus dan tidak. Yaitu jika kita mendapati ujung gir sudah lancip dan lekukannya mulai dalam dan warnanya gelap itu tadanya gir roda belakang perlu untuk diganti. Itulah ciri gir telah aus oleh gesekan rantai.

2. Selain itu, kita juga bisa melihat kondisi rantai dengan cara menarik gas perlahan pada kondisi motor distandar dua. Jika terlihat kendor, lalu mengencang, yang menimbulkan putaran roda tidak lagi stabil, itu berarti rantai sudah harus diganti. Efek itu timbul akibat sil penghubung antara mata rantai telah getas karena tidak dilakukan perawatan dengan baik, atau bisa juga karena adanya keausan di bagian dalam.

3. Juga kita bisa merasakannnya dengan mendengarkan apakah ada suara kasar yang ditimbulkan oleh bagian gir dan rantai. Jika itu memang ada, berarti kemungkinan yang bisa terjadi adalah rantai atau gir sudah aus atau bisa juga karena pemasangan yang tidak pas.

Jika anda memutuskan untuk mengganti gir atau rantai, ada baiknya ganti sekaligus. Karena kedua komponen ini tidak bisa dipisahkan, kerusakan pada satu komponen akan menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya.

Tips lainnya, untuk merawat gir dan rantai, jangan membiasakan membersihkan dengan menggunakan minyak tanah. Memang dengan minyak tanah juga bisa membersihkan kotoran, namun perlu kita ketahui di dalam rantai terdapat sil yang terbuat dari karet, jika bagian itu terkena minyak tanah terlalu sering maka akan merusaknya. Maka gunakanlah pembersih rantai yang memang khusus untuknya.

Cara Merawat Gir dan Rantai Sepeda Motor | admin | 4.5