Cara Merawat Printer Yang Jarang Digunakan

Friday, April 15th, 2016 - Artikel, Artikel Alat Kantor

Ketokoku.net – Printer adalah perangkat output komputer yang begitu penting perannya, terlebih untuk sebuah perkantoran. Namun adakalanya kita tidak memerlukan printer dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebagaimana barang elektronik lainnya, apabila tidak digunakan akan cepat mengalami kerusakan.

Apalagi printer, apabila jarang digunakan akan sangat rentan mengalami kerusakan, terutama pada bagian catridge dan komponen lain yang teraliri oleh tinta. Untuk itu perlu dilakukan perawatan khusus untuk printer yang jarang digunakan. Di artikel ini kami akan memberikan tipsnya bagaimana cara merawat printer yang jarang digunakan biar tetap awet.

Namun sebelumnya, perlu kami ulas terlebih dahulu komponen apa saja yang rentan mengalami kerusakan apabila printer jarang digunakan. Berikut ini ulasannya:

Catridge – Catridge adalah komponen paling penting dalam perangkat printer. Komponen ini akan cepat rusak apabila printer jarang digunakan. Sering terjadinya pengeringan tinta yang tersisa dalam catridge, yang akan membuat tinta kering tersebut menyumbat dan mengganggu aliran tinta ketika akan dilakukan proses pencetakan.

Penyumbatan pada Infus – Tidak terkecuali pada printer yang menggunakan konsep infus. Apabila jarang digunakan maka akan terjadi penyumbatan karena tinta mengering.

Cara Merawat Printer Yang Jarang Digunakan

Cara Merawat Printer Yang Jarang Digunakan

Cara Merawat Printer Yang Jarang Digunakan

Dan berikut ini bagaimana cara merawat printer yang jarang digunakan biar tetap awet.

Hidupkan printer secara berkala. Walaupun printer anda jarang digunakan, biasakan untuk menghidupkan printer beberapa waktu, minimal satu kali dalam seminggu. Tujuannya adalah supaya komponen yang ada dalam printer teraliri listrik dan suhunya jadi tetap terjaga.

Lakukan pencetakan secara berkala. Jangan biarkan printer anda tidak bekerja dalam waktu yang sangat lama. Sekali dalam seminggu dianjurkan untuk mencetak 1 atau 2 lembar kertas untuk menjaga komponen yang teraliri tinta tidak mengering.

Bersihkan printer dari debu. Jangan sampai debu menumpuk pada bagian luar dan bagian dalam printer. Selalu bersihkan printer setiap harinya untuk bagian luar. Dan bersihkan bagian dalam printer minimal 1 bulan sekali.

Demikianlah cara merawat printer yang jarang digunakan biar tetap awet. Semoga bermanfaat.

Cara Merawat Printer Yang Jarang Digunakan | admin | 4.5