Cara Meredam Suara Berisik Pada Bodi Sepeda Motor

Wednesday, November 30th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Meredam Suara Berisik Pada Bodi Sepeda Motor – Penampilan sepeda motor ditunjang oleh perangkat bodi yang biasanya terbuat dari material plastik. Panel atau perangkat tersebut terpisah satu sama lainnya, dan berfungsi menutupi rangka dan juga kabel-kabel kelistrikan.

Bodi tersebut, termasuk pada cover lampu, tidak lepas dari masalah. Semakin bertambah usia suatu unit sepeda motor, maka umumnya akan muncul suara yang cukup berisik yang bersumber dari getaran pada panel atau perangkat bodi. Suara tersebut akan langsung terdengar ketika motor dihidupkan.

Tips Cara Meredam Suara Berisik Pada Bodi Sepeda Motor

Cara Meredam Suara Berisik Pada Bodi Sepeda Motor

Cara Meredam Suara Berisik Pada Bodi Sepeda Motor (Sumber Gambar : motorplus)

Suara yang berisik disebabkan oleh karena panel atau perangkat bodi sudah tidak presisi lagi, panel tersebut bisa saja memuai dikarenakan terpaan panas.

Bodi selalu terkena panas, dari komponen mesin maupun dari sinar matahari. Karena panel tersebut terbuat dari bahan plastik, semakin lama akan semakin longgar sehingga getaran akan terjadi dan muncul bersuara berisik.

Suara berisik pun dapat disebabkan oleh karena bautnya yang kendur. Umumnya hal ini terjadi dikarenakan sepeda motor kerap melintasi jalanan rusak. Apabila hal tersebut terjadi maka langkah memperbaikinya adalah dengan mengencangkan bautnya kembali.

Supaya lebih lama kekencangan bautnya. Maka sebelum dipasang, baut diolesi sealant pada ulirnya.

Ada juga cara yang dirasa lebih rumit. Yakni dengan menambahkan bantalan diantara celah panel bodi tersebut, bisa menggunakan kertas atau benda fleksibel yang tipis lainnya. Maksudnya, supaya getaran dapat di redam. Alat yang diperlukan antara lain double tip, silet dan juga obeng.

Cara Meredam Suara Berisik Pada Bodi Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5