Cara Murah Mengatasi Rembesan Air Pada Busi Motor

Friday, April 7th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Murah Mengatasi Rembesan Air Pada Busi Motor – Salah satu masalah yang menjadi penyebab sepeda motor mendadak mogok adalah air yang rembes pada busi. Hal tersebut disebabkan air merembes ke bagian dalam cangklong busi. Ini juga menandakan bahwa cangklong busi sepeda motor tidaklah benar-benar rapat.

Cara Murah Mengatasi Rembesan Air Pada Busi Motor

Cara Murah Mengatasi Rembesan Air Pada Busi Motor (Sumber Gambar : pixabay)

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan guna mengantisipasi masalah seperti ini. Pada dasarnya cara ini adalah dengan memastikan bahwasanya cangklong atau cop busi tertutup dengan rapat sehingga tidak menyebabkan air masuk.

“Pilihlah cop dengan karet pelindung body busi serta sambungan menuju kabel koilnya tertutup dengan rapat. Ada banyak produk aftermarket-nya, ataupun bisa memakai cop sepeda motor lain.

Khusus untuk sepeda motor bebek, cop standar dapat diganti dengan cop Yamaha Mio ataupun Honda Beat. Sebab, cop busi dari skuter matik yang populer tersebut cukup baik. Harga cop tersebut berkisar diantara 40 ribu hingga 45 ribu rupiah.

Selain pergantian dengan cop sepeda motor lain, cara yang selanjutnya adalah dengan memodifikasi sedikit cop busi standar. Guna memastikan bagian tersebut kedap air, maka bisa dilakukan dengan metode menutup sambungan diantara kabel dan juga kelapa busi dengan isolasi dan kabel tis.

Sambungan tersebutlah yang kerap menjadi tempat rembesan air. Dengan cara tersebut, sepeda motor tidak akan mudah mogok meskipun melewati banjir, terlebih modal untuk melakukan modifikasi tersebut tidaklah mahal, mungkin modalnya tidak lebih dari 10 ribu.

Cara Murah Mengatasi Rembesan Air Pada Busi Motor | Rudiyanto | 4.5