Cara Pakai Engine Cleaner Untuk Sepeda Motor

Friday, April 14th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Pakai Engine Cleaner Untuk Sepeda Motor – Salah Satu komponen yang termasuk komponen utama pada sebuah kendaraan yang terletak di blok silinder mesin yakni piston, komponen ini mempunyai bahasa umum dan bengkel “SEHER”. Piston tersebut melakukan gerak naik turun pada siklus kerja mesin. Gerakan piston berasal dari ledakan pada proses pembakaran, diantara bahan bakar, api, dan juga udara.

Cara Pakai Engine Cleaner Untuk Sepeda Motor

Cara Pakai Engine Cleaner Untuk Sepeda Motor (Sumber Gambar : Wikimedia Commons)

Suhu atau hawa yang sangat tinggi, ditambah dengan gerakan naik turun yang sangatlah cepat, menjadikan piston lama kelamaan akan mengalami penurunan performa. Salah satu problem yang paling sering terjadi adalah adanya kerak hitam pada permukaan kepala piston.

Kerak hitam ini merupakan karbon yang tidak terbakar. Lama-lama menumpuk dan akan membentuk lapisan yang semakin tebal. Bila karbon tersebut semakin banyak, dampaknya adalah tekanan dari kompresi akan menjadi sangat tinggi, dan juga bisa timbul pembakaran awal.

Oleh karena itu, piston pun wajib memperoleh perhatian. Ada sejumlah cara. Semisal cara yang rumit adalah dengan membongkar blok mesin secara keseluruhan. Akan tetapi ada juga yang lebih mudah, yakni dengan menyemprotkan engine cleaner.

Membersihkan kepala piston yang kotor dengan engine cleaner dirasa cukup efektif, Engine cleaner dengan sederhana adalah cairan berbahan solvent yang secara khusus digunakan untuk membersihkan ruang bakar mesin. Cairan tersebut bisa diperoleh pada banyak tempat, termasuk pada toko online dengan harga yang berkisan antara 30 ribuan.

Cara penggunaan cairan ini adalah dengan Masukkan carian tersebut melalui lubang busi. Pertama-tama, panaskanlah mesin terlebih dahulu sampai mesin panas. Kemudian, matikanlah mesin dan semprotkan cairan tersebut pada ruang mesin lewat lubang busi. Pasanglah kembali busi kemudian diamkanlah sekiranya 5 menit.

Setelah itu, mulailah menghidupkan kembali mesin dan betotlah gas sampai rpm 4000 atau 5000. Apabila engine cleaner bekerja dengan baik, dari knalpot kendaraan akan keluar asap yang hitam. Betotlah gas terus menerus sampai tidak ada lagi asap yang berwarna hitam tersebut keluar.

Cara Pakai Engine Cleaner Untuk Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5