Cara Parkir Di Tanjakan Bila Rem Tangan Rusak

Monday, April 3rd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Parkir Di Tanjakan Bila Rem Tangan Rusak – Salah satu yang merupakan kebiasaan yang sering dilakukan pengemudi guna memastikan mobilnya tidak bergerak pada saat parkir di jalanan yang menanjak ataupun menurun adalah dengan memfungsikan rem tangan.

Cara Parkir Di Tanjakan Bila Rem Tangan Rusak

Cara Parkir Di Tanjakan Bila Rem Tangan Rusak (Sumber Gambar : pixabay)

Akan tetapi, ada pula sejumlah pengemudi yang memilih untuk menempatkan tuas perseneling atau transmisi di posisi gigi 1. Hal tersebut umumnya dilakukan oleh mobil dengan transmisi manual. Akan tetapi, apakah terdapat efek samping dari kebiasaan tersebut?

Menurut seorang Koordinator Eksekutif dari Layanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor atau ADM, menempatkan posisi tuas transmisi pada posisi gigi 1 bukanlah sesuatu prilaku yang haram untuk dilakukan.

“Dari sisi faktor safety, saat diparkir pada tanjakan ataupun turunan diganjal dengan posisi memasukkan gigi transmisi itu benar. Itu akan menambah level keamanan mobil saat mobil diparkir”.

Pada posisi terparkir di jalanan menanjak ataupun menurun, mobil tetaplah akan terpengaruh oleh gaya gravitasi, sehingga dikhawatirkan bisa saja meluncur turun. Menahannya dengan memasukkan gigi transmisi merupakan salah satu trik atau alternatif, jika rem tangan bermasalah dan tidak berfungsi dengan baik.

Rem tangan atau sering disebut rem parkir, tetaplah menjadi komponen yang di prioritaskan guna menahan mobil. Pabrikan atau produsen sudah menghitung seberapa kekuatan rem tangan, bahkan guna menahan laju mobil pada kondisi di jalanan menanjakan.

“Rem tersebut hanya menahan saja. Apabila tetap khawatir mobilnya akan terdorong, salah satu alternatif bantuannya dengan memasukan gigi transmisi. Cuma yang harus diingat, pada saat mesin mobil akan dihidupkan, oper kembali gigi yang masih masuk.

Cara Parkir Di Tanjakan Bila Rem Tangan Rusak | Rudiyanto | 4.5