Cara Yang Baik Mengganti Tipe Dan Merk Oli Mesin

Tuesday, July 25th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Yang Baik Mengganti Tipe Dan Merk Oli Mesin – Oli adalah elemen penting untuk setiap kendaraan, termasuk kendaraan roda 2 dan roda 4 alias mobil. Oli mesin berfungsi sebagai cairan untuk melumasi setiap komponen yang bergerak di dalam ruang mesin, sehingga gerakan semua komponennya tetap licin serta tidak menimbulkan gesekan yang kasar.

Cara Yang Baik Mengganti Tipe Dan Merk Oli Mesin

Cara Yang Baik Mengganti Tipe Dan Merk Oli Mesin (Sumber Gambar : flickr)

Tiap merk serta tipe oli mempunyai kualitas yang tentunya berbeda-beda, sesuai pada kadar kekentalan serta kandungan kimianya. Penggunaannya pula tergantung terhadap spesifikasi dari masing-masing mesin.

Akan tetapi, masih saja ada sejumlah konsumen yang kerap mengganti merk ataupun tipe oli dengan beragam alasan. Salah satunya adalah demi penghematan pengeluaran. Padahal, hal tersebut berdampak negatif atau buruk untuk mesin mobil.

Apabila dari awalnya memakai oli merk A, kemudian berganti ke merk B, dua merk tersebut bisa saja memakai bahan kimiawi yang berbeda. Dan tentu akan terjadi reaksi kimia, dikarenakan zat aditifnya berbeda. Akibat buruknya, mesin mobil dapat mati total.

Untuk pemilik kendaraan yang henda mengganti oli dari merk satu ke merk lainnya, disarankan untuk melakukan pengurasan secara keseluruhan tangki atau carter oli terlebih dulu sampai benar-benar bersih. Tindakan tersebut merupakan upaya untuk mencegah ataupun mengurangi terjadinya pencampuran yang senyawa yang tidak sejenis.

Kuraslah sampai bersih, jangan sampai terdapat sisa oli merk lama. Jika sudah selesai dibersihkan, bisa langsung di isi dengan oli merk baru. Dan disarankan juga untuk mengganti filter oli pada setiap pergantian Oli.

Cara Yang Baik Mengganti Tipe Dan Merk Oli Mesin | Rudiyanto | 4.5