Cara Yang Baik Menghidupkan Motor Injeksi

Friday, December 16th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Cara Yang Baik Menghidupkan Motor Injeksi – Motor dengan teknologi injeksi sudah beredar luas di semua kalangan masyarakat. Oleh sebab itu pengguna perlu memahami mekanisme sepeda motor injeksi, salah satunya adalah ketika menghidupkan mesin motor.

Cara Yang Baik Menghidupkan Motor Injeksi

Cara Yang Baik Menghidupkan Motor Injeksi

Cara Yang Baik Menghidupkan Motor Injeksi (Sumber Gambar : otomotifnet)

Saat akan menghidupkan mesin, pengguna tentu kerap melihat lampu indikator yang ada pada speedometer menyala. Perlu diketahui, proses dari menyalanya lampu indikator tersebut cukup penting untuk proses menghidupkan mesin sepeda motor injeksi.

Sebelum menghidupkan mesin kendaraan, tunggulah lampu indikator pada speedometer tersebut mati. Jangan langsung men-starter, tunggulah paling lama 3 detik.

Meskipun kunci kontak pada posisi ON dan mesin sepeda motor injeksi belum menyala, pompa bahan bakar sudah bekerja. Pompa bahan bakar memberikan tekanan maksimal supaya bahan bakar bekerja dengan sempurna pada saat mesin dinyalakan untuk pertama kali setelah lama tidak hidup.

Jika pengguna menyalakan mesin ketika lampu indikator tersebut belum mati, dampaknya pompa bahan bakar tidak bekerja seperti standar optimal mesin. Hal ini akan mengakibatkan mesin sepeda motor tidak langsung bekerja pada suhu optimal, penggunaan bahan bakar yang lebih boros, kadar dari emisi gas buang yang menjadi tinggi dan tidak langsung memaksimalkan tenaga mesin.

Tidak sebatas itu saja, pengaruh lainnya adalah sepeda motor akan lebih sulit dihidupkan karena kondisi suhu mesin serta lingkungan telah berbeda ketika mesin dimatikan dan hendak dihidupkan. Sebagai pengingat, sistem pengapian injeksi menyimpan data pada saat sepeda motor pertama kali dimatikan dan saat dihidupkan kembali. Apabila pengendara menghidupkan mesin tanpa menunggu indikator tersebut mati, maka data yang lama yang akan digunakan oleh sistem tersebut.

Cara Yang Baik Menghidupkan Motor Injeksi | Rudiyanto | 4.5