Ciri Ban Yang Cocok Untuk Musim Hujan

Friday, February 24th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Ciri Ban Yang Cocok Untuk Musim Hujan – Pemilihan ban untuk kendaraan yang cocok sangatlah penting. Apalagi saat musim hujan yang bisa saja mengakibatkan banjir dan menggenangi jalanan. Namun hal ini tidak dapat menjadi alasan untuk para pekerja yang berangkat kerja menggunakan kendaraan khususnya sepeda motor.

Ciri Ban Yang Cocok Untuk Musim Hujan

Ciri Ban Yang Cocok Untuk Musim Hujan (Sumber Gambar : commons wikimedia)

Dengan memakai sepeda motor, ratusan bahkan ribuan pengendara menjejali jalanan. Tentu saja hujan dan banyaknya genangan perlu diantisipasi oleh para pengendara. Salah satu cara mengantisipasinya adalah dengan pemakaian ban yang cocok pada jalanan yang basah.

Bukan berarti wajib untuk ganti ban yang khusus digunakan pada trek atau jalanan basah. Lagipula, beberapa ban yang digunakan harian biasanya tidak berjenis untuk trek basah ataupun kering sebagaimana pada ban untuk balapan. Ban untuk harian biasanya medium, dengan kompon atau kekerasan bahan yang menengah.

Namun demikian, tetaplah ada ban yang lebih baik daripada ban lain pada saat hujan. Ini bisa dibedakan berdasar pada beberapa ciri, semisal bentuk kembangan ataupun tipe dari alurnya. Lalu, ban seperti apakah yang dinilai cocok untuk jalanan yang tengah hujan ataupun jalanan basah?.

Yang pertama, ban kendaraan yang baik untuk menerjang jalanan basah adalah ban yang mempunyai motif kembangan dengan garis dengan jarak yang menengah, tidaklah terlalu rapat ataupun renggang.

Ban kendaraan dengan pola demikian daya cengkramannya optimal, dan yang lebih penting dari hal tersebut, dapat lebih mudah saat memecah air. Terlebih bila dibanding dengan ban yang mempunyai motif kembangan yang cukup rumit.

Kemudian, selain yang mempunyai motif kembangan rumit, ban kendaraan slick pun tidak baik untuk digunakan saat hujan. Meskipun ban tersebut bisa mencengkram aspal dengan cukup maksimal, tetapi bila ban ini melintasi trek basah, cengkramannya bisa berkurang dengan signifikan.

Ban kendaraan yang baik juga bukanlah ban yang masih mempunyai lapisan silikon. Alasannya lapisan yang umum terdapat pada ban baru ini menyebabkan ban lebih licin.

Yang terakhir, ban kendaraan khususnya sepeda motor yang baik ketika hujan adalah ban yang mempunyai alur undirectional. Ciri dari alur tersebut adalah mempunyai telapak dengan bentuk V atau tampak seperti anak panah. Sama karakteristiknya dengan ciri pertama, ban dengan alur undirectional pun efektif ketika memecah air daripada alur bidirectional.

Ciri Ban Yang Cocok Untuk Musim Hujan | Rudiyanto | 4.5