Ciri Kampas Kopling Sepeda Motor Aus

Thursday, January 12th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Ciri Kampas Kopling Sepeda Motor Aus – Kampas kopling adalah perangkat yang juga mempunyai umur pemakaian. Perangkat yang berada di sepeda motor ini akan habis bila usianya sudah berumur, atau dikarenakan sejumlah hal semisal pemakaian atau gaya berkendara yang buruk.

Bila bicara mengenai fungsi, kampas kopling berperan sangat vital pada sepeda motor, yaitu menyalurkan tenaga mesin menuju transmisi. Maka dari itu, jangan heran, bila kinerja sepeda motor tidak akan maksimal jika kampas kopling tersebut bermasalah, dikarenakan kinerja mesin sepeda motor akan terganggu.

Ciri Kampas Kopling Sepeda Motor Aus

Ciri Kampas Kopling Sepeda Motor Aus

Ciri Kampas Kopling Sepeda Motor Aus (Sumber Gambar : dans motorcycle)

Sebetulnya ada beberapa ciri yang dapat menjadi pertanda bagi pemilik, supaya mengetahui usia kampas kopling kendaraannya.

Yang pertama, akselerasi mesin menjadi lemah. Jika kampas kopling habis, pastinya tenaga yang mentrasfer menuju mesin menjadi melemah, akhirnya akselerasi pun menjadi lemah. Jika top speed sendiri sebetulnya tidak berpengaruh, akan tetapi butuh waktu guna memaksimalkan kecepatan alias rada lemot.

Ciri yang kedua, yaitu selip kopling. Gejala dari selip kopling umumnya akan sering muncul bila kampas kopling telah habis, namun gejala tersebut juga dapat disebabkan oli mesin yang kurang cocok.

Ciri Ketiga, kick starter menjadi los. Ini akan terasa ketika mencoba menghidupkan mesin motor dengan kick starter atau di engkol. Ketika diengkol, maka akan terasa ringan. Ini pun merupakan gejala kampas kopling aus, atau habis.

Ciri Keempat, putaran mesin menjadi tinggi. Kasus tersebut terjadi dikarenakan pengaruh dari akselerasi yang lemah dan kampas kopling licin. Sehingga, mesin selanjutnya menjadi mempunyai putaran yang tinggi meskipun kecepatan standar.

Perawatan pada kampas kopling harus dilakukan untuk menjaga keawetan supaya tidak cepat aus. Dari oli pun bisa pengaruh, jika tidak diberikan oli pada kampas, akan cepat aus dan cepat rusak dan bisa saja menjalar pada komponen mesin lainnya.

Ciri Kampas Kopling Sepeda Motor Aus | Rudiyanto | 4.5