Ciri Kebocoran AC Mobil

Wednesday, December 14th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ciri Kebocoran AC Mobil – Kasus kematian pada saat korban sedang beristirahat di dalam kabin mobil cukup banyak diberitakan oleh media massa. Hal ini terjadi dikarenakan keracunan gas CO atau karbonmonoksida yang disebabkan oleh bocornya saluran AC. oleh sebab itu, pemilik mobil ber-AC harus rutin memeriksa kondisi dari AC mobilnya supaya hal tersebut tidak terjadi.

Ciri Kebocoran AC Mobil

Ciri Kebocoran AC Mobil

Ciri Kebocoran AC Mobil (Sumber Gambar : agco automotive)

Umumnya kebocoran tersebut dikarenakan jarangnya perawatan dan pemilik merasa AC pada kendaraanya masih dingin. Sebetulnya selain memeriksa freon, periksa oli pada kompresor, terkadang suka membeku. Pendeteksiannya memang cukup susah, selang yang bocor tersebut biasanya dikarenakan meledak, tetapi ledakan tersebut tanpa suara.

Pada umumnya kebocoran pada AC pada mobil disebabkan oleh kerapuhan ekspansi AC. Umur ekspansi cuma berkisar antara satu tahun saja, apabila lebih dari jangka waktu tersebut beresiko rapuh dan bisa menyebabkan kebocoran selang.

Walaupun demikian, pemilik mobil masih dapat mengetahui ciri saluran AC yang bocor. Akan tercium aroma yang sangat menyengat seperti bau gas elpiji. Selain itu pula, terkadang muncul suara berisik dari AC. Apabila hal tersebut terjadi, disarankan untuk sesegera mungkin mematikan AC serta membuka kaca mobil jika sedang tidak dalam posisi berkendara.

Apabila terjadi kebocoran, lebih berbahaya lagi ketika mobil berhenti dibandingkan saat mobil melaju. Karena ketika dalam posisi melaju, masih terdapat sirkulasi udara yang terus berputar. Jika berhenti, gas karbon tersebut akan terkurung pada kabin saja.

Selain hal tersebut, kebocoran dari gas karbon yang masuk pada kabin mobil bukanlah bersumber dari knalpot. Pemilik mobil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan maupun servis AC mobil dengan teratur, paling sedikit tiap enam bulan sekali.

Ciri Kebocoran AC Mobil | Rudiyanto | 4.5