Ciri Piringan Cakram Harus Diganti

Monday, December 19th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ciri Piringan Cakram Harus Diganti – Sistem pengereman adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Selama ini tipe rem yang biasa digunakan adalah rem tromol dan juga disc brake atau rem cakram. Dengan fisik dan juga cara kerja yang berbeda, kedua tipe rem tersebut juga memerlukan perawatan yang berbeda.

Pada rem motor dengan sistem rem cakram, seiring dengan pemakaiannya piringan cakram akan menipis. Hal tersebut disebabkan oleh gesekan diantara piringan cakram dengan kampas rem ketika sedang menghentikan laju sepeda motor.

Ciri Piringan Cakram Harus Diganti

Ciri Piringan Cakram Harus Diganti

Ciri Piringan Cakram Harus Diganti (Sumber Gambar : motorcyclenews.com)

Piringan cakram harus dilakukan pergantian apabila piringan cakram tersebut sudah terkikis sekitar 0,5 milimeter. Karena piringan cakram tersebut mempunyai batas toleransi ketebalan yakni 0,5 mm. Dan ini berlaku pada piringan cakram bawaan pabrik maupun piringan cakram after market.

Lantas apakah yang terjadi apabila si pemilik tidak sesegera mungkin mengganti piringan cakram yang sudah menipis?. Jika sesegera mungkin diganti, akan menyebabkan pengereman jadi tidak maksimal. Bahkan yang lebih parahnya lagi, piringan cakram bisa patah. Hal tersebut pastinya membahayakan keselamatan dari pengendara motor serta pengguna jalan lain.

Salah satu yang merupakan alasan pemilik sepeda motor malas untuk mengganti piringan cakram adalah harganya yang terbilang mahal. Misalnya untuk piringan Yamaha Mio yang genuine parts harganya bisa mencapai Rp 400 ribu.

Alhasil, guna mengakali hal ini pemilik motor bisa menggunakan produk lokal atau after market. Tetapi kualitasnya tentu jauh dibawah yang genuine part.

Kesimpulan dari Ciri Piringan Cakram Harus Diganti adalah ketebalannya yang sudah mencapai 0,5 milimeter. Untuk parts pengganti dari piringan cakram tersebut, Anda bisa menggunakan piringan cakram genuine parts yang kualitasnya sangat jelas dan direkomdasikan oleh semua mekanik dan piringan cakram lokal atau after market yang kualitasnya jauh dibawah dan tentunya mempunyai resiko tersendiri.

Ciri Piringan Cakram Harus Diganti | Rudiyanto | 4.5