Dampak Buruk Memaksakan Kampas Rem Aus

Tuesday, January 24th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Dampak Buruk Memaksakan Kampas Rem Aus – Telah menjadi hal yang wajar kerusakan pada sepeda motor bisa meluas bila salah satu komponen tidak segera diperbaiki ataupun diganti. Maka dari itu, untuk meminimalisir pengeluaran biaya yang besar, lebih baik sesegera mungkin menanggulangi dan mengatasi kerusakan dari salah satu komponen yang sudah rusak. Salah satunya pada kampas rem.

Dampak Buruk Memaksakan Kampas Rem Aus

Dampak Buruk Memaksakan Kampas Rem Aus (Sumber Gambar : google.image)

Komponen pelengkap seperti kampas rem yang telah aus atau habis namun tetap dipaksakan akan berdampak kerusakan terhadap komponen utama dari perangkat rem.

Pada sebuah mekanisme rem tromol, jika habis kampas remnya lalu dipaksakan terus menerus dengan cara menyetting bautnya hingga terlalu dalam, maka yang akan terjadi adalah pegas yang ada di dalam kemungkinan besar akan patah dan menyebabkan tromol aus. Hal tersebut terjadi karena efek kejut dari kekencangan serta berlebih pada saat direm, selanjutnya patahan pegas dapat bergesekan secara langsung dengan tromol tersebut.

Biaya untuk perbaikannya justru akan semakin besar jika tromol tersebut sudah aus. Apalagi jika velg sepeda motor tersebut berjenis racing atau velg palang. Bila velg dengan jari-jari, tromol tersebut dijual terpisah sedangkang velg racing dijual satu paket dengan tromolnya. Tromol velg racing tersebut menyatu dengan velgnya, jika aus harus diganti velgnya.

Jika kampas rem sudah habis namun terus dipaksakan, dampak buruk yang akan muncul yakni kerusakan piringan cakram dikarenakan terkikis habis. Kampas rem menjadi habis, cakramnya pun rusak, dikarenakan besi bergesekan dengan besi.

Dampak Buruk Memaksakan Kampas Rem Aus | Rudiyanto | 4.5