Dampak Buruk Motor Sport Yang Sering Kehujanan

Monday, February 27th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Dampak Buruk Motor Sport Yang Sering Kehujanan – Sepeda motor dengan jenis sport atau motor laki ternyata tidak disarankan untuk diparkir pada parkiran dengan area terbuka. Terlebih dibiarkan untuk terkena air hujan pada jangka waktu yang cukup lama.

Dampak Buruk Motor Sport Yang Sering Kehujanan

Dampak Buruk Motor Sport Yang Sering Kehujanan (Sumber Gambar : flickr)

Ada beberapa resiko yang dapat berakibat buruk pada sepeda motor sport bila terguyur air hujan. Guyuran air hujan dapat menyelinap masuk pada celah dalam tangki bensin lewat seal karet.

“Sebab, bila terguyur hujan terus menerus serta terkena juga oleh sinar matahari, kemungkinan besar senyawa dari air hujan tersebut bisa menyebabkan karet seal menjadi keras. Apabila karet seal tersebut keras, selanjutnya karet menjadi retak atau getas”.

Ketika sepeda motor sport pada kondisi parkir, potensi dari air hujan yang masuk pada bagian dalam tangki lebih besar daripada berkendara pada saat hujan. Tetapi jika kerusakan karet seal sudah parah, kemungkinan besar air bisa masuk.

Masuknya air hujan pada tangki bensin bisa dipastikan akan mempengaruhi performa sepeda motor. Bahkan mesinnya berpotensi jebol.

Guna menjaga kondisi dari tangki bensin sepeda motor sport, dianjurkan untuk selalu rajin melakukan perawatan. Minimalnya, melakukan pengurasan tangki bensin setahun sekali, dan perilsa sejumlah komponen pendukungnya, termasuk karet seal. Jika sudah tidak baik kondisinya, segeralah ganti. Jangan menunda untuk pergantian komponen pendukung dari tempat penampungan bensin tersebut.

Dampak Buruk Motor Sport Yang Sering Kehujanan | Rudiyanto | 4.5