Dampak Buruk Penggunaan BBM Jenis Premium

Thursday, October 27th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Dampak Buruk Penggunaan BBM Jenis Premium – Beberapa kendaraan baik mobil maupun sepeda motor yang diproduksi pada beberapa tahun ke belakang sebetulnya mempunyai mesin dengan spesifikasi berstandar emisi Euro 3. Tetapi mesin-mesin tersebut tidak bekerja dengan semestinya dikarenakan masih banyak pengendara yang memakai bahan bakar minyak atau BBM bersubsidi jenis Premium.

Dampak Buruk Penggunaan BBM Jenis Premium

Dampak Buruk Penggunaan BBM Jenis Premium (Sumber Gambar : Tempo)

Penggunaan BBM Premium pada mesin berstandar Euro 3 akan berakibat merusak performa dan kinerja mesin, jadi lebih boros serta menghasilkan tingkat emisi yang lebih tinggi dari standar. Hal tersebut disebabkan oleh karena proses oksidasi atau pembakaran BBM Premium yang tidak sempurna pada bagian dalam mesin Euro 3.

Imbas dari proses oksidasi yang tidak sempurna, tak sedikit Bahan bakar mengendap di dalam mesin serta hanya menjadi sampah. Sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dan tentu emisi pun meningkat dikarenakan Bahan bakarnya tidak sesuai dengan standar mesin.

Mesin dengan standar Euro 3 disarankan untuk mempergunakan Bahan bakar dengan oktan 91 ke atas guna menghasilkan performa yang maksimal dan bisa menjaga emisi tetap rendah. Tetapi, lagi-lagi dengan ‘pertimbangan’ kemampuan dana, masyarakat tetap mengisi kendaraannya dengan Bahan bakar Premium.

Demikianlah penjelasan mengenai dampak buruk penggunaan BBM jenis premium yang bisa kami sampaikan, semoga para pemilik kendaraan dapat menerapkan pemakaian jenis bahan bakar dengan oktan yang disarankan agar emisi rendah dan performa mesin tetap terjaga.

Dampak Buruk Penggunaan BBM Jenis Premium | Rudiyanto | 4.5