Dampak Kelebihan Dan Kekurangan Mengisi Oli

Thursday, December 29th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Dampak Kelebihan Dan Kekurangan Mengisi Oli – Oli adalah komponen yang sangat penting untuk sepeda motor. Tanpa pelumas, sepeda motor tentu tidak dapat berjalan dengan baik atau bahkan tidak dapat hidup. Kapasitas oli sebenarnya mempunyai batas maksimum serta batas minimumnya supaya tidak terjadi masalah. Ada yang berkapasitas 0,8 liter, berkapasitas 1 liter, serta 1,8 liter. Tentu hal tersebut sudah disesuaikan dengan kapasitas mesin.

Dampak Kelebihan Dan Kekurangan Mengisi Oli

Dampak Kelebihan Dan Kekurangan Mengisi Oli

Dampak Kelebihan Dan Kekurangan Mengisi Oli (Sumber Gambar : youtube)

Walaupun begitu, sering terjadi pengisian oli tidak sesuai standar. Bisa oli yang berlebih atau kekurangan oli . Lantas apa efek samping dari hal tersebut?. Oli yang diisikan melebihi kapasitas carter oli tentu akan berdampak buruk pada sepeda motor.

Hal tersebut dapat memicu terjadinya penguapan yang berlebih pada bagian dalam mesin. Akibatnya bisa terjadi rembesan oli di bagian mesin. Selain itu, bila melakukan pengisian oli dengan berlebihan, efeknya membuat tarikan sepeda motor tidak maksimal. Sebab, oli pada mesin tersebut luber dan sepeda motor menjadi berat.

Oli yang diisikan secara berlebih dapat membuat filter udara lebih cepat kotor dan ruangan karburator tidak bisa bekerja dengan maksimal. Sebaliknya, bila oli kurang dari kapasitas standar, tarikannya menjadi lebih enteng. Tetapi, mesin akan cepat panas, dikarenakan tidak semua bagian terlumasi. Bahkan dampak terburuknya dapat membuat mesin macet, maka dari itu usahakanlah mengisi oli sesuai dengan standar yang tertera pada buku pedoman.

Dampak Kelebihan Dan Kekurangan Mengisi Oli | Rudiyanto | 4.5