Dampak Kurang Baik Menambal Ban Tubeless Di Pinggir Jalan

Monday, April 17th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Dampak Kurang Baik Menambal Ban Tubeless Di Pinggir Jalan – Penggunaan roda dengan ban tubeless di kendaraan bermotor memang cukup dirasa lebih praktis dan lebih mudah daripada dengan penggunaan ban biasa yang masih memakai ban dalam. Salah satu keunggulannya adalah tidak perlu repot-repot ketika menambal pada saat ban bocor.

Dampak Kurang Baik Menambal Ban Tubeless Di Pinggir Jalan

Dampak Kurang Baik Menambal Ban Tubeless Di Pinggir Jalan (Sumber Gambar : wikimedia)

Namun, sebuah perusahaan ban terkemuka di Indonesia tidak merekomendasikan pengguna dari kendaraan bermotor mempergunakan ban tubeless yang sering sekali ditambal. Sebaiknya jika ban tubeless yang dinilai sudah sering sekali ditambal itu disarankan untuk diganti.

Meski tidak ada batasan maksimal pada sebuah ban yang ditambal, akan tetapi yang pasti, roda dengan ban tubeless yang kerap ditambal akan cukup berbahaya pada saat bermanuver. Karena lapisan pada permukaan ban mulai rusak jika penambalan sering sekali dilakukan.

Pada saat proses penambalan dilakukan, penambal ban yang ada di pinggiran jalan sering menggunakan tindakan-tindakan yang dinilai salah, semisal salah satunya melakukan metode cacing pada roda dengan ban tubeless, padahal hal tersebut dapat membuat ban menjadi benjol.

Jika lapisannya sudah rusak, dan terdapat benjolan, hal itu sangat berbahaya bagi keselamatan. Bisa saja mencelakakan diri pengendara. Saran terbaik adalah ada baiknya segera diganti kecuali memang dinilai darurat atau Anda mempunyai penambal ban yang sudah dipercaya dan lihai mengatasi ban tubeless.

Dampak Kurang Baik Menambal Ban Tubeless Di Pinggir Jalan | Rudiyanto | 4.5