Dampak Mengetok Kepala Busi

Sunday, December 11th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Dampak Mengetok Kepala Busi – Salah satu cara atau solusi pintas yang sering dilakukan ketika memperbaiki komponen busi yang tidak dirasa bekerja dengan maksimal adalah dengan mengetok bagian dari kepala busi tersebut. Tujuannya adalah supaya jarak antara elektroda dengan ground di ujung busi tidak terlalu jauh.

Dampak Mengetok Kepala Busi

Dampak Mengetok Kepala Busi

Dampak Mengetok Kepala Busi (Sumber Gambar : ford f150 forum)

Akan tetapi tahukah Anda, sebenarnya hal tersebut tidak boleh dilakukan. Mengetok-ngetok ujung dari bagian busi dapat berdampak pada berkurangnya kualitas dari busi tersebut.

Tidak disarankan mengetok grand elektroda. Karena berpengaruh pada life time. Celah busi yang berubah juga akan berefek pada transfer energi yang tidak maksimal.

Lebih jauh lagi, pada dasarnya celah antara grand elektroda pada central elektroda sudah dihitung sedemikian rupa dengan sistem komputerisasi. Pada saat diketok, maka celah busi tersebut tentu berubah.

Dan pada saat diketok, maka yang akan terjadi adalah struktur dari busi tersebut dapat berubah, sehingga pada akhirnya materialnya juga ikut berubah.

Salah pemahaman lainnya adalah dengan memecahkan keramik pada busi, biasanya hal tersebut dilakukan pada kondisi darurat. Pecahnya meterial keramik pada busi bisa berakibat aliran listrik tidak teratur sehingga percikan api dari busi pun tidak beraturan, meskipun lebih besar. Akan tetapi umur dari busi menjadi tidak panjang. Makanya sebaiknya pemilik kendaraan bermotor perlu menyiapkan busi cadangan untuk berjaga-jaga apabila terjadi mogok diperjalanan.

Dampak Mengetok Kepala Busi | Rudiyanto | 4.5